Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Digital Dengan Platform Canva Pada Dosen Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Makassar

Usman Usman(1*), Sakaria Sakaria(2), Hasriani Hasriani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra kegiatan pengabdian ini adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Makassar. Program kemitraan masyarakat (PKM) ini bertujuan memberikan pengetahuan sekaligus pelatihan penyusunan bahan ajar digital. Hal ini berdasarkan pada permasalahan yang ditemukan berkaitan dengan penyusunan bahan ajar digital pada dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Makassar. Permasalahan yang ditemukan, antara lain: 1) kompetensi yang dimliki dosen  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Makassar yang masih terbatas dalam penyusuan bahan ajar digital, 2) Para dosen  pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Makassar belum menggunakan aplikasi berbasis teknologi informasi komunikasi (TIK)  untuk menyusun bahan ajar digital. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan yang hadapi mitra adalah memberikan pelatihan  penyusunan bahan ajar digital dengan  platform Canva. Target luaran ini, yaitu publikasi prosiding ber ISBN, artikel pada media massa cetak/elektronik, video kegiatan, pengetahuan dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Makassar penyusunan bahan ajar digital dengan  platform Canva.


Full Text:

PDF

References


Friska, R. 2021. Persepsi Mahasiswa Pai Terhadap Sistem Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 (Disertasi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).

Rahmatullah, R., Inanna, I., dan Ampa, A. T. 2020. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327

Zamista, A. A., Nugraha, N. B., dan Rahmi, H. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Pedagogik Dosen Dan Hubunganya Dengan Kepuasan Belajar Mahasiswa. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 1-9.

Taslim, W. 2021. Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dosen Dalam Menjalankan Pembelajaran Daring Di Politeknik Tonggak Equator. Obis, 3(2), 13-19.

Wijayanto, R. Q., dan Kusumandyoko, T. C. 2021. Pengembangan E-Modul Ilustrasi Digital Untuk Mata Kuliah Aplikasi Komputer Jurusan Seni Rupa Unesa. Jurnal Seni Rupa, 9(1).


Article Metrics

Abstract view : 263 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.