PKM Literasi Kewirausahaan

Syamsu Rijal(1*), Muhammad Hasan(2), Muhammad Ihsan Said Ahmad(3), Muhammad Dinar(4), Muhammad Ilyas Thamrin Tahir(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Staf SDN 27 Palakku. Adapun permasalahan prioritas yang mendasari kegiatan pelatihan ini adalah kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang kewirausahaan mengingat sebagian besar diantara mereka masih berumur mudah. Secara khusus masalah dalam pengabdian ini adalah upaya-upaya apa yang dilakukan untuk memberikan bimbingan agar dapat mengetahui dan memahami kewirausahaan adalah bukan harus memulai suatu usaha dan mengelola usaha dengan baik, dengan kata lain harus memiliki usaha, akan tetapi juga mampu menjawab tantangan-tantangan dan memanfaatkan peluang-peluang yang ada. Metode yang digunakan adalah ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) Mitra memiliki pengetahuan terkait kewirausahaan, (2) Mitra memiliki pengetahuan terkait karakter-karakter kewirausahaan. Dan (3) Mitra memiliki kemampuan dalam membangun kolaborasi berwirausaha dengan pemuda lainnya.

 

Kata kunci: Literasi Kewirausahaan


Full Text:

PDF

References


Almuna, M., Thaief, I., Said, M. I., Dinar, M., & Hasan, M. (2020). Pengaruh Literasi Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Jurusan IPS di SMA Negeri 4 Enrekang. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 1(2).

Hasan, M., Arisah, N., Sasmita, F. A., Miranda, M., Putri, A. A., & Pattisina, C. D. (2021). Perilaku Berwirausaha Generasi Milenial di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 224-240.

Hasan, M., Dzakiyyah, A., Kumalasari, D. A., Safira, N., & Aini, S. N. (2021). Transformasi Digital UMKM Sektor Kuliner Di Kelurahan Jatinegara, Jakarta Timur. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 17(2), 135-150.

Hutamy, E. T., Marham, A., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Analisis Penerapan Bisnis Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z. Jurnal Bisnis dan Pemasaran Digital, 1(1), 1-11.

Mustari, M., Arisah, N., Thaief, I., Fatmawati, F., & Hasan, M. (2021, August). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja UMKM di Kota Makassar. In Seminar Nasional Teknologi Pendidikan (Vol. 1, No. 1, pp. 165-177).

Mutis, T., 1995, Kewirausahaan yang Berproses, Grasindo, Jakarta.

Nurdiana, N., Hasan, M., Arisah, N., Riesso, A. S., & Hasanah, D. F. (2020). An Analysis of the Effect of Economic Growth, Inflation, and Open Unemployment on Poverty in South Sulawesi Province. Journal of Research in Business and Management, 8(9), 14-17.

Suryana, A.S., Imelda R., Idris S., Agus A, Eymal B.O., Suardi B., dan Rusli M.R., 1995, Mulai dengan Usaha Kecil Merintis Karir Kewirausahaan Anda, Pusat Pengembangan Usaha Kecil Kawasan Timur Indonesia, UjungPandang.

Suryana, 1999, Kewirausahaan (Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menufu Sukses), Salemba Empat, Jakarta.

Sutojo, R, 2003, Mengembangkan Entreneurship dalam Koperasi, Diskusi Panel oleh Warta Koperasi, 20 Pebruari, Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 336 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.