Meningkatkan Pemahaman Dosen terkait Rekognisi Bentuk Kegiatan Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Khaeruddin Khaeruddin(1*), Fajar Arwadi(2), Ahmad Fudhail Majid(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi panduan dan mensosialisasikan ke tingkat fakultas hingga program studi di Universitas Negeri Makassar (UNM) terkait dengan rekognisi Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Adapun kegiatan ini dilakukan dengan diskusi dan tanya jawab dengan para pimpinan fakultas dan program studi terkait tidak adanya panduan rekognisi BKP MBKM di tingkat universitas yang dapat dijadikan panduan untuk kegiatan-kegiatan mahasiswa di luar kampus serta prosedur teknis lainnya. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan inti PKM ini berupa metode Seminar, Workshop dan Tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini adalah tersedianya panduan rekognisi BKP MBKM dan para pimpinan fakultas serta program studi telah mengetahui secara detail teknis rekognisi BKP MBKM dan dosen-dosen pada umumnya telah mengetahui rekognisi BKP.

 

Kata kunci: MBKM, Rekognisi, Bentuk Kegiatan Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Ismail, I., Hasan, H., & Musdalifah, M. (2018). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 124-132.

Istijanto, I. (2020, August). Kampus Merdeka: Peluang dan Tantangannya. In Forum Manajemen (Vol. 34, No. 1, pp. 12-16).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Sadlak, J., & Liu, N. C. (2007). The world-class university and ranking: Aiming beyond status. Bucharest: Unesco-Cepes.

Tohir, M. (2020). Merdeka Belajar: Kampus Merdeka.


Article Metrics

Abstract view : 358 times | PDF view : 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.