PKM Pembuatan Kelas Digital dengan Google classroom for education bagi Guru SMK di Kabupaten Pangkep

Ashar Pramono(1*), Amiruddin Amiruddin(2), Muhammad Hasim S(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak: Sesuai dengan perkembangannya terutama pada era disrupsi 4.0 yaitu guru masa depan harus mampu menyajikan modul sesuai minat siswa, di era perkembangan teknologi yang semakin berkembang, modul yang digunakan dalam pembelajaran tidak selalu menggunakan modul konvensional seperti modul berbasis paper. Melainkan guru masa depan pun harus mampu

menyajikan materi pelajaran dalam bentuk modul yang bisa diakses secara daring oleh para siswa. Guru masa depan harus mampu menyajikan pembelajaran yang menyenangkan dan inovatif, yakni pembelajaran yang memadukan hands on and mind on, problem based learning dan project based learning. Tujuannya adalah untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan. Google classroom for education merupakan salah satu fitur dari produk Google yang dapat dimanfaatkan sebagai media blended learning. Dengan berbagai fitur yang dimilikinya, Google Classroom dapat digunakan untuk mendemontrasikan atau memvisualisasikan konsep-konsep pelajaran secara online tanpa mesti tatap muka. Kegiatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat ini merupakan salah satu kegiatan pendampingan, pembimbingan, dan pelatihan kepada Guru SMK di Kabupaten Pangkep. Hasil dari kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat melahirkan guru yang mampu merancang pembelajaran dengan memanfaatkan Google classroom for education sebagai media pembelajaran blended learning dalam kelas digital tanpa kertas (paperless).

Kata kunci: pembelajaran campuran, Google Classroom, pembelajaran tanpa kertas


Full Text:

PDF

References


Asnawi, N. (2018). “Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai Elearning Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA)”. Research : Journal of Computer, information system, & technology management , 1 (2).

D,Croteau & W, Hoynes. (2013). Media/Society: Industries, Images and Audience, Sage Publications.

Hakim, A. B. (2016). “Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom dan Edmodo”. I-STATEMENT , 2 (1).

Lister, Martin. (2009). New Media Second Edition. New York:RoutledgeT

Pradana, D. B. (2017). “Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa”. Jurnal IT-Edu , Volume 02 (Nomor 01).

Gunawan, F. I. (2018). “Pengembangan Kelas Virtual dengan Google Classroom dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa SMK untukMendukung Pembelajaran”.

Wicaksono, V. D. ( 2017). “Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom di Sekolah Dasar”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa.


Article Metrics

Abstract view : 177 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.