Pemberdayaan Remaja Masjid Melalui Pemberian Keterampilan Teknis dan Spirit Kewirausahaan di Kota Makassar

Saharuddin R Sokku(1*), Putri Ida Sunaryathy Samad(2), Ganggang C Arnanto(3), Fatma Fatma(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Pancasakti Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pemberdayaan Remaja Masjid Melalui Peningkatan Keterampilan di Kota Makassar” ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan serta kecakapan hidup (life skills) yang dapat mereka gunakan untuk berwirausaha ataupun bekerja pada orang lain. Kegiatan ini sangat membantu mitra dan menjadi solusi alternatif dalam pemberdayaan sumberdaya pemuda serta mengurangi angka pengangguran di Kota Makassar. Disamping itu, mereka dapat membantu perekonomian keluarga, minimal mereka dapat memperbaiki peralatan elektronik masjid maupun rumah tangga. Pemberian keterampilan teknis dan membangun jiwa kewirausahaan merupakan salah satu upaya dapat mengurangi ketergantungan pada pihak lain. Hal ini dilakukan oleh tim pengabdi pada Masjid Nurul Ijtihad di Kota Makassar. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah pihak pengurus terbantu dalam mengoperasikan dan memelihara peralatan elektroniknya. Keterampilan para peserta meningkat dalam perawatan dan perbaikan alat elektronik. Disamping itu keinginan mereka untuk berwirausaha mulai muncul.

 

Kata kunci: Peningkatan Keterampilan, remaja masjid Nurul Ijtihad, peningkatan jiwa kewirausahaan.


Full Text:

PDF

References


Andi Fitrah, Juanda Nawawi, Rahmatullah, 2014. Peran Pemerintah Kota Makassar dalam Pengentasan Kemiskinan pada Program UEP dan KUBE, journal.unhas.ac.id/index.php/government/article/download/.../pdf, diakses tanggal 23 Februari 2017.

Dinas Sosial Prov. Sul-sel, 2015. Panti Panti Asuhan, Panti Jompo, dan Panti Rehabilitasi Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2012-2015. Makassar.

Effendi, N, Tajuddin, 1996 “Perkembangan Penduduk, Sektor Informal, dan Kemiskinan Kota”. Dalam Agus Dwiyanto (Ed). Penduduk dan Pembangunan. Yogyakarta: Aditya Media.

Fasti rola, 2006. Konsep diri remaja penghuni panti asuhan, psikologi Fakultas kedokteran Universitas sumatera utara

Kinasih Novarisa, 2014. Pola pembinaan di panti asuhan rumah yatim arrahman Sleman yogyakarta, UNY

Muh. Rais, 2010. PROJECT-BASED LEARNING: Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft skills, Seminar asional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Muhammad Basir, 2013. Hubungan Sosial dan Akses Sosial Masyarakat pada Lingkungan Pemukiman Kumuh di Kota Makassar, Universitas Hasanuddin.

Siti Khoiriyah, 2006. Pelaksanaan Pembelajaran pada Anak-anak Panti Asuhan Yatim Piatu Darul Hadlonah Purwokerto, Fakultas Tarbiyah STAIN, Purwokerto.

Surip, 2011. Implementasi model project work dalam pembelajaran mixing bahan kimia untuk meningkatkan karakter kerja professional peserta didik. Yogyakarta. PTK (tidak dipublikasikan)

Surip, 2011. Implementasi model project work dalam pembelajaran mixing bahan kimia untuk meningkatkan karakter kerja profesional peserta didik. Yogyakarta, PTK (tidak dipublikasikan)

Wahyuddin lukman, 2012. Sosialisasi di panti asuhan dalam membentuk tingkah Laku anak (kasus di panti asuhan abadi aisyiyah Kecamatan soreang, kota parepare), Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik Universitas hasanuddin Makassar


Article Metrics

Abstract view : 144 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.