Pengolahan Serbuk Instant Jahe Merah

Amirah Mustarin(1*), Nur Rahmah(2), Andi Muhammad Akram Mukhlis(3), Asrijal Asrijal(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Pejuang Republik Indonesia
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah kegiatan pengabdian untuk memberdayakan para ibu rumah tangga dan remaja putri untuk menghasilkan produk olahan dari tanaman jahe merah  menjadi bubuk jahe instant di Desa Pao Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa.  Desa Pao memiliki objek wisata Air Terjun Bantimurung Gallang yang berpeluang untuk dikunjungi oleh wisatawan sehingga potensi tersebut memberikan peluang masyarakat setempat menyediakan produk unggulan desa sebagai oleh-oleh wisata.  Jahe merah yang dihasilkan Desa Pao Kecamatan Tombolopao merupakan salah satu hasil pertanian yang dapat diolah menjadi produk pangan dan permintaan komsumen jahe merah juga meningkat sejak masa pandemi covid-19.  Kegiatan pengabdian bersama mitra adalah pengolahan jahe merah menjadi produk bubuk jahe instant. Mitra diberikan pengetahuan dan pelatihan mengenai pembuatan serbuk jahe instan.  Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan pendampingan mitra. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra mengetahui dan mampu membuat produk olahan jahe yaitu minuman berbentuk serbuk/instan yang praktis, (2) Desa memiliki produk unggulan olahan jahe dengan kemasan yang menarik yang dapat dijadikan oleh-oleh wisata desa. Pengetahuan dan keterampilan baru yang dimiliki mitra diharapkan dapat memberikan peluang usaha bagi ibu rumah tangga dan secara tidak langsung dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

.

 

Kata kunci : jahe merah, serbuk instant


Full Text:

PDF

References


Direktorat jenderal hortikultura, Kementerian Pertanian. 2019. Standar Operasional Prosedur (Sop) Budidaya Jahe. Jakarta.

Koswara S. 1995. Jahe dan Hasil Olahannya. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Marwati, Tri. 2013. Teknologi Pascapanen Tanaman Obat. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian. Bogor

Tangkeallo, C., dan Widyaningsih, T. D., 2014. Aktivitas Antioksidan Serbuk Minuman Instan Berbasis Miana Kajian Jenis Bahan Baku dan Penambahan serbuk Jahe. Jurnal Pangan dan Agroindustri Vol.2 No.4.


Article Metrics

Abstract view : 292 times | PDF view : 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.