IbM Aktualisasi High-Intensity Interval Training Pada Pemain SSB Syekh Yusuf U-15 Kabupaten Gowa

Irfan Irfan(1*), Sudirman Burhanuddin(2), Muhammad Harliawan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Masalah pengabdian kepada masyarakat ini, adalah sebagai berikut: (1). Pemain SSB Syekh Yusuf kurang mengetahui High-Intensity interval training.

Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) Meningkatkan pengetahuan (teoritis) bagi pemain tentang High-Intensity interval training. (2) Untuk dapat meningkatkan komponen fisik khsusnya VO2max pemain dalam permainan sepakbola pada jenjang usia dini, serta mempererat tali persaudaraan antar pemain agar terjalin kerjasama yang baik .

Kegiatan program pengabdian kepada masyarakat ini dibagi atas dua kegiatan yaitu: (1) kegiatan penjelasan secara teori dilakukan selama satu hari yaitu menjelaskan cara pelaksanaan High-Intensity interval training dan (2) kegiatan praktek, dilakukan selama 5 hari. mempraktekkan secara langsung High-Intensity interval training.

Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa: (1) Peserta dapat menerima materi dengan bersungguh-sungguh dan perhatian yang besar sehingga dapat diserap oleh seluruh pemain dengan baik dan mampu dipraktekkan dengan baik. (2) peserta memilik motivasi yang cukup tinggi mengikuti pelatihan High-Intensity interval training. (3) Peserta menyadari bahwa materi yang diberikan adalah penguatan pengetahuan tambahan yang sangat bermanfaat bagi mereka untuk melakukan peningkatan komponen fisik khusunya VO2max dalam menunjang prestasi olahraga sepakbola pada jenjang usia dini.

 

Kata Kunci: Hight-Intesity Interval Training


Full Text:

PDF

References


Abdillah dan Dika. 2018. The Effect Of Hight Intesity Interval Training On The VO2Max Increase of Football School Studetnts. Tesis. Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

Bloqvit dan Saltin dalam Brian J. Sharkey. 2011. Kebugaran dan kesehatan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

https://Tedas, Id/hobi/olahraga-kardio

http://www.alodokter.com

Kravitz. Len dan Zuhl Micah. 2014. High-Intensity interval training vs Continuous Cardio Training:Battle of the Aerobic Titans. USA : ACSM Healt and Fitness Summit.


Article Metrics

Abstract view : 110 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.