PKM Pengembangan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Guru Bahasa Inggris

Amra Ariyani(1*), Maemuna Muhayyang(2), Sahril Sahril(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk melatih guru bahasa Inggris yang tergabung dalam organisasi MGMP Guru Bahasa Inggris Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa untuk mengembangkan keterampilan komunikasi interpersonal. Kegiatan ini dilakukan secara daring dan luring. Guru-guru diberikan beberapa materi pemahaman tentang komunikasi interpersonal, komunikasi verbal dan nonverbal, gaya komunikasi interpersonal, dan latihan/praktik pengembangan komunikasi interpersonal.  Hasil dari kegiatan ini adalah awalnya guru-guru Bahasa Inggris tidak menyadari bahwa komunikasi yang dilakukan sehari-hari merupakan komunikasi interpersonal. Mereka dapat meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal mereka terutama berkomunikasi dengan siswa, kolega, atasan, dan unsur lainnya di sekolah. Selain itu, guru-guru dapat menumbuhkan sikap, minat, dan motivasi yang lebih baik di dalam berkomunikasi interpersonal.

 

Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Verbal dan Nonverbal, Gaya Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Berko, Roy M. (2010). ICOMM:Interpersonal Concepts and Competences. Foundations of Interpersonal Communication. United Kingdom: Rowman & Littlefield Publishers, Inc.

Maslow. A.H. (1968). Toward a Psychology of Being. New York: Van Nostrand Reinhold.

Oviyanti, Fitri. (2017). Urgensi Kecerdasan Interpersonal bagi Guru. Jurnal radenpatah.ac.id. Diakses 09 Maret 2021.

Rasyid, Muhammad Amin & Muhayyang, Maemuna. (2016). Interpersonal Communication: A Social Harmony Approach. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Schmidt-Fajlik, R. (2011). Improving Interpersonal Competence in the Communicative Classroom. The Language Teacher: Readers’ Forum.

Schutz, W. (1966). The Interpersonal Underworld. Palo Alto, CA: Science and Behavior Books.

Vygotsky, Lev. 1978. Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard Universitty.


Article Metrics

Abstract view : 155 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.