Pelatihan Pendayagunaan Aplikasi Daring Flipgrid Untuk Diskusi Virtual

Indrawaty Asfah(1*), Fatimah Hidayahni Amin(2), Seny Luhriani(3), Andi Armawajidah Marzuki(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP Bahasa Inggris di Kabupaten Maros. Masalahnya adalah: (1) selama pandemi dan pemberlakuan pembelajaran daring, kurang latihan-latihan yang membutuhkan interaksi langsung yang menggunakan bahasa Inggris, (2) kebutuhan para siswa untuk tetap bersosialisai dengan menggunakan bahasa Inggris walaupun melalui media daring, (3) kurangnya kegiatan bahasa Inggris diluar kelas yang dapat melibatkan orangtua. Sasaran eksternal adalah peningkatan kompetensi para guru MGMP SMP Bahasa Inggris dalam penggunaan aplikasi daring Flipgrid dan peningkatan motivasi dan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk berbicara dan berinteraksi. Metode yang digunakan adalah: ceramah, tanya jawab dan diskusi, dan metode latihan atau praktek. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang cara menggunakan Flipgrid (2) pelatihan ini bisa menumbuhkan kebiasaan mengekplorasi berbagai aplikasi daring lain yang dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Kata kunci: Flipgrid, diskusi, interaksi sosial


Full Text:

PDF

References


Bartlett, M. (2018). Using Flipgrid to increase students' connectedness in an online class. eLearn, 2018(12).

Green, T., & Green, J. (2018). Flipgrid: Adding voice and video to online discussions. TechTrends, 62(1), 128-130.

Iona, J. (2017). Flipgrid. School Librarian, 65(4), 211-212.

Keiper, M. C., White, A., Carlson, C. D., & Lupinek, J. M. (2020). Student perceptions on the benefits of Flipgrid in a HyFlex learning environment. Journal of Education for Business, 1-9.

Lowenthal, P. R., & Moore, R. L. (2020). Exploring Student Perceptions of Flipgrid in Online Courses. Online Learning, 24(4), 28-41.

McLain, T. R. (2018). Integration of the video response app Flipgrid in the business writing classroom. International Journal of Educational Technology and Learning, 4(2), 68-75.

Miskam, N. N., & Saidalvi, A. (2019). The use of Flipgrid for teaching oral presentation skills to engineering students. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(1), 2.

Stoszkowski, J. R. (2018). Using Flipgrid to develop social learning. Compass: Journal of Learning and Teaching, 11(2).


Article Metrics

Abstract view : 129 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.