Pelatihan Keterampilan Empati dan Bertanya sebagai Peningkatan Keterampilan Dasar dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Abdul Saman(1*), Akhmad Harum(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah MGBK Kabupaten Gowa. Masalahnya adalah: (1) (1) Masih kurangnya pemahaman penggunaan keterampilan dasar konseling guru BK di Kabupaten Gowa (ICT);  (2) Belum memahami dan menggunakan keterampilan empati dan bertanya dalam layanan Bimbingan dan Konseling; (3) Guru belum mengetahui kunci dalam pelaksanaan keterampilan bertanya dan empati guru BK. Sasaran eksternal adalah guru BK terampil melaksanakan keterampilan empati dan bertanya dan modul pelaksanaan keterampilan empati dan bertanya. Metode yang digunakan adalah: ceramah, praktek, tanya jawab, dan pendampingan praktik keterampilan empati dan bertanya dilakukan secara daring. Materi yang diberikan adalah materi pengertian empati dan bertanya, tujuan dan jenis empati, ciri atau karakteristik empati, factor yang mempengaruhi empati, cara empati dan praktik keterampilan empati dan selanjutnya materi tentang keterampilan bertanya dimulai dari jenis-jenis pertanyaan dalam komunikasi konseling, tujuan penting meningkatkan Teknik bertanya, Latihan keterampilan bertanya. Hasil PKM yaitu (1) hasil pelatihan 96% peserta menyatakan pelatihan ini memberikan manfaat yang sangat besar dalam layanan bimbingan dan konseling dan telah tersedia modul keterampilan empati dan bertanya guru BK. (2) Setelah dilakukan pelatihan terdapat peningkatan keterampilan dasar konseling keterampilan empati dan bertanya. Terdapat 41 orang atau 91% peserta sudah sangat mampu mempraktikkan dengan benar dan terampil keterampilan empati dan bertanya. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan ini memberikan pengaruh yang sangat besar dalam peningkatan kompetensi guru BK dalam layanan BK.

 

Kata kunci: Keterampilan, empati, bertanya, MGBK Gowa


Full Text:

PDF

References


Ardimen, & Zuwirda. (2015). IMPLEMENTASI PROGRAM MUSYAWARAH GURU BK (MGBK) SLTP KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. PROSIDING: Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling dan Konsorsium Keilmuan BK di PTKI Batusangkar (pp. 46-61). Batusangkar, Sumatera Barat: PTKI Batusangkar.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Gibson, R. L., & Mitchell, M. H. (2011). Bimbingan Dan Konseling . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winkel, W. (2012). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


Article Metrics

Abstract view : 251 times | PDF view : 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.