PKM Digitalisasi Bisnis UMKM

M. Ihsan Said Ahmad(1*), Syamsuardi Syamsuardi(2), Muhammad Farid(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas Masyarakat (PKM) ini adalah UMKM Pengusaha Jasaboga yang ada di Kot Makassar. Masalahnya adalah: (1) kurangnya pengetahuan tentang pentingnya digitalisasi binis di era modern saat ini yang di kenal dengan era industry 4.0 (2) masih kurangnya keterampilan dalam membuat desain dan konten-konten digital di media social on line yang mendukung kemajuan usaha UMKM, (3) perencanaan dan implementasi dalam pemanfaatan teknologi yang masih terbatas hanya sekedar update status pribadi dan aktifitas bisnis yang seadanya, dan (4) peningkatan volume penjualan yang belum maksimal karena pemanfaatan teknologi digital dalam bisnis masih sangat terbatas. Sasaran eksternal adalah para pengusaha jasaboga yang lebih spesifik pengusaha catering untuk berbagai acara perorangan maupun instansi yang terhimpun dalam Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia untuk wilayah Sulawesi Selatan (APJI Sulawesi Selatan). Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang pentingnya peranan pemasaran digital dalam pengembangan bisnis jasaboga khususnya jasa catering, (2) mitra memiliki keterampilan untuk merancang dan mendesain serta mengupload konten-konten digital bisnis khusunya dalam memprokosikan produk jasa catering, (3) mitra memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi jasa catering dengan pemanfaatan media social online yang menarik konsumen dan calon konsumen, (4) peningkatan volume penjualan melalui memanfaatan teknologi digital dalam bisnis secara bertahap sediring meluasnya jaringan pemasaran yang dijangkau dengan media social yang digunakan tersebut, dan (5) memiliki akun di berbagai media social yang menarik dan sebagian membuat website bisnis sebagai perwujudan digitalisasi bisnis yang dijalankan.

 

Kata kunci: teknologi digital, bisnis jasaboga, media social, pemasaran digital, online bisnis, produksi, penjualan


Full Text:

PDF

References


Apriadi, D., & Arie Yandi Saputra. (2016). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI, 20(12), 1684–1689. https://doi.org/10.3969/j.issn.2095-4344.2016.12.002

Asri, T. M., & Megawati, F. (2018). Rancangan Dan Penerapan Promosi Melalui Media Sosial (Instagram) Di Ruang Baca Vokasi. Edulib, 8(2), 156. https://doi.org/10.17509/edulib.v8i2.9736

Barri, H. G., & Saerang, D. P. E. (2017). The Impact of Viral Marketing Using Social Media Platforms on Brand Awareness (Case Study: Laneige Cosmetic). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3), 3945– 3954. https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.18253

Batee, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 313– 324. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.108

Fauziyah, F. (2018). Pemberdayaan UMKM Melalui Akun Organisasi Bisnis Berbasis E-Commerce (Studi Kasus Pada Forum UKM KSRN Kabupaten Jember). Proceedings - PROGRESS, 1(1), 360–371.


Article Metrics

Abstract view : 318 times | PDF view : 714 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.