PKM Perancangan Materi Ajar Berbasis V-Makes Bagi Guru SDN Parangtambung II Kota Makassar

Muhammad Danial(1*), Pince Salempa(2), Taty Sulastri(3), Wahidah Sanusi(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan PKM ini adalah guru: memahami tentang prinsip materi ajar berbasis V-Makes, memahami langkah-langkah teknis penyusunan  materi ajar berbasis V-Makes, dan terampil merancang materi ajar berbasis V-Makes, serta menghasilkan produk rancangan materi ajar berbasis V-Makes. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah: pemaparan materi tentang prinsip materi ajar berbasis V-Makes oleh Tim Pengabdi, praktik penyususn materi ajar berbasis V-Makes oleh peserta pelatihan, presentasi produk/hasil rancangan oleh peserta perwakilan, dan observasi serta wawancara peserta saat dan setelah kegiatan PKM ini dilaksanakan. Peserta kegiatan ini adalah guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) Parangtambung II Kota Makassar yang berjumlah 16 orang dan materi ajar yang dirancang adalah materi tematik terpadu Kurikulum 2013 untuk kelas 4, 5, dan 6. Manfaat yang diharapkan setelah kegiatan PKM ini adalah peserta pelatihan atau workshop mampu  merancang materi atau konsep ajar untuk tingkat sekolah dasar yang dapat divisualisasi secara tekstual atau gambar atau audio-visual (V), memperlihatkan contoh benda secara langsung atau secara makroskopik (Mak), dan melakukan eksperimen sederhana (es). Hasil kegiatan PKM ini adalah (1) peserta pelatihan memahami tentang prinsip materi ajar berbasis V-Makes, (2) peserta pelatihan  memahami langkah-langkah teknis penyusunan materi ajar berbasis V-Makes, (3) peserta pelatihan terampil merancang materi ajar berbasis V-Makes, dan menghasilkan produk rancangan materi ajar berbasis V-Makes.

 

Kata kunci: materi ajar sekolah dasar berbasis V-Makes

Full Text:

PDF

References


Danial, M., M.Anwar, dan P. Salempa, 2016. IbM Penyusunan Proposal PTK bagi Guru SDN Parangtambung 2 Kota Makassar. Laporan Pengabdian Pada Masyarakat, UNM Makassar.

Danial, M., M.Anwar, dan P. Salempa, 2017. IbM Pelaksanaan PTK dan penyusunan laporan bagi Guru SDN Parangtambung 2 Kota Makassar. Laporan Pengabdian Pada Masyarakat, UNM Makassar.

Danial, M., dan W. Sanusi, 2018. PKM Penyusunan Proposal PTK bagi Guru SDN No.12 Pinrang. Laporan Pengabdian Pada Masyarakat, UNM Makassar.

Danial, M., dan W. Sanusi, 2019. PKM Penyusunan LKPD Berbasis Investigasi bagi Guru SDN Parangtambung II Kota Makassar. Laporan Pengabdian Pada Masyarakat, UNM Makassar.

Depdiknas, 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Manajemen dikdasmen. Depdiknas.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas, 2019. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pengabdian edisi XII. Dirjen Dikti: Jakarta.

Furchan, A. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Usaha Nasional: Surabaya.

Inoe, 2008. Materi Ajar. http://andhysastera.blogspot.com/2008/06/materi-ajar.html. Diakses 10 April 2021.

Kemendikbud, 2014. Buku Guru untuk SD Kelas 4, 5, dan 6 Berdasarkan Kurikulum 2013. Kemendikbud: Jakarta.

Prastowo, 2014. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif.

https://scholar.google.co.id/scholar?q=materi+ajar+interaktif&hl=en&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart. Diakses 10 April 2021.

Suparman, A., 1997. Desain Instruksional. PAU-PPAI Universitas Terbuka: Jakarta.

Suparmin, Wahyuningrum, dan Mulyono, S. 2013. Seri Character Building: PAKEM Tema 1 s.d. 9 untuk SD dan MI Kelas IV Sesuai Kurikulum 2013. Mediatama: Surakarta.


Article Metrics

Abstract view : 100 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.