PKM Pelatihan Teknik Pemenuhan Tujuan Sdgs Bagi Guru Di Kabupaten Pangkep Provinsi Sulawesi selatan

Lu’mu Lu’mu(1*), Ruslan Ruslan(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak: Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melakukan edukasi kepada guru MA Padanglampe melalui pelatihan teknik pemenuhan 17 tujuan SDGs. Pengabdian ini dilakukan di Kabupaten Pangkep Prov. Sulawesi Selatan. Metode pelatihan yang digunakan adalah (1) ceramah, tanya jawab, dan diskusi; (2) Kerja mandiri dan kerja kelompok; (3) presentasi tentang pemahaman peserta tentang 17 tujuan SDGs. Berdasarkan hasil evaluasi pada akhir kegiatan pengabdian pada masyarakat ini, diketahui bahwa secara keseluruhan peserta yang telah mengikuti pelatihan ini cukup memahami tentang teknik pemenuhan 17 tujuan SDGs. Berdasarlan hasil evaluasi yang kami lakukan dengan jalan berdiskusi langsung dengan peserta ternyata 92% telah mengetahui dengan baik tentang cara atau Teknik pemenuhan 17 tujuan SDGs di Kabupaten Pangkep Prov. Sulawesi Selatan. Selanjutnya 8% peserta lainnya belum memahami betul bagaiamana melakukan aktivitas dalam rangka percepatan pemenuhan 17 tujuan SDGs.

 


Full Text:

PDF

References


Anonim, Mengatasi Dan Mencegah Tindak Kekerasan Seksual Pada Perempuan Dengan Pelatihan Asertif. Available from: [accessed Dec 27 2018].

Carr, W & Kemmis, S. (1983) Becoming Critical: Education, Knowledge, AndAction Research, Geelong, Victoria, Australia: Deakin University.

Chein, I., Cook, S. dan Harding, J. (1982) The Field of Action Research. Dalam The Action Research Reader. Victoria: Deakin University.

Aqib, Zainal. 2007. Penelitian Tindakan Kelas: Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. 2008. Desain Penelitian Tindakan. http://w.w.w.ditplb.or.id.

Home Frofil Agenda Seminar FAQ Guest P & PT Journal Download. 2008. Pedoman Usulan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). http://w.w.w.asosiasi-politeknik.or.id.

Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikat Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Republic Indonesia. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Bandung: Fokusmedia.

Surya, Muhammad. 2005. Membangun Profesionalisme Guru. dalam Makalah Seminar Pendidikan. 6 Mei 2005 di Jakarta.

Usman, Moh. Uzer. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 75 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.