Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Keluarga Untuk Mencegah Anak Putus Sekolah Di Desa Ujung Baji

Rudi Amir(1*), M. Ali latif Amri(2), Fatmawati Gaffar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak: Pengabdian masyarak ini dilaksanakan Karena masalah yang terjadi khusunya pada masyarakat pesisir adalah kurang perhatian terhadap penanaman nilai-nilai pendidikan keluarga, mereka tidak menganggap pendidikan keluarga itu penting dalam membentuk karakter baik bagi anak yang berdampak pada pencegahan anak putus sekolah. Sebagian besar anak putus sekolah diakibatkan pendidikan dalam keluarga yang tidak berjalan secara meksimal sehingga anak tidak mampu bertahan apabila terjadi masalah di sekolah sehingga lebih memilih berhenti sekolah atau drop out. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah (1) untuk memberikan pemahaman kepada keluarga mengenai pola penanaman nilai-nilai pendidikan keluarga untuk mencegah anak putus sekolah, (2) untuk memberikan pemahaman kepada orangtua mengenai pola penanaman nilai-nilai dalam keluarga, (3) untuk memberikan pemahaman kepada orangtua mengenai penanaman nilai di dalam keluarga agar tidak tejadi kesenjangan yang mengakibatkan anak harus putus sekolah dan tidak dapat melanjutkan pendidikannya. Peserta berasal dari Ibu-ibu rumah tangga, pendidik SD dan TK, tokoh masyarakat dan unsur pemerintah Hasil yang telah diperoleh adalah (1) Pada umumnya peserta memahami pentingnya mengajar nilai-nilai pendidikan keluarga kepada anak yang merupakan bekal untuk anak dalam proses perkembangan sikap dan perilaku, (2) Peserta memperoleh pengetahuan mengenai contoh perilaku yang baik dari orangtua sehingga anak dapat meniru perilaku yang baik tersebut, (3) Memperoleh pengetahuan bahwa pentingnya mengajarkan sikap disiplin sedini mungkin agar memiliki perilaku mandiri.

 

Kata Kunci: Pendidikan Kaluarga, Membangun karakter, Putus Sekolah

 


Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyat. 2003. Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Ali Imron. 2004. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Malang: Departemen Pendidikan Nasional

An-Nahlawi dan Abdurrahmah. 1989. Prinsip & Metode Pendidikan Islam Dalam Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat. Bandung: Diponegoro.

Abdullah, M. Imron. 2003. Pendidikan Keluarga Bagi Anak. Cirebon: Lektur.

Bagong Suyanto. 2010. Masalah Sosial Siswa. Jakarta: Kencana.

Badan Pusat Statistik, 2020. Kecamatan Mangarabombang dalam Angka. BPS Kab. Takalar

E.M Sweeting dan Muchlisoh Laporan teknis No. 18b. 1998. Bebebrapa Penyebab Murid Mengulang Kelas, Putus Sekolah, dan Melanjutkan Sekolah Dari SD Ke SLTP. Jakarta : Departmen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. h.1124

Purwo Udiutomo. Besar Janji Daripada Bukti. Jakarta: Dompet Duafa.

Rita Eka Izzaty. 2017. Model Konseling Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sunarsih Sultoni. 2017. Pendidikan Nilai Dalam Keluarga Dalam Perkembangan Teknologi di Era Globalisasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Soerjono Soekanto.1990. Sosiologi Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta

Syaiful Bahri Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract view : 159 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.