PKM Strategi Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri Satap 4 Maniangpajo

Sukri Nyompa(1*), Muh. Rais Abidin(2), Syamsunardi Syamsunardi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Strategi mengajar diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar agar terjadi interaksi antara guru dan siswa yang diarahkan untuk mencapai tujuan secara sistematis. Tujuannya adalah; 1). Sehingga guru dapat menentukan strategi pengajaran yang tepat dalam bahan ajar pada siswa SMP Negeri Satap 4 Maninapajo Kabupaten Wajo; 2). Dengan menggunakan strategi mengajar guru secara tepat, siswa dapat berhasil meningkatkan hasil belajarnya [Nyompa, 2018]. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah; metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan. Kuncinya adalah metode penugasan melalui simulasi mengajar guru dengan menggunakan strategi mengajar secara efektif. Hasil pengabdian ini, guru dapat mengajar dengan menggunakan strategi mengajar guru yang tepat sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya siswa SMP Negeri Satap 4 Maniangpajo Kabupaten Wajo.

 

Kata kunci: Program Kemitraan Masyarakat, strategi mengajar guru, siswa


Full Text:

PDF

References


Oemar Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. (Jakarta: Bumi Aksara) cet. Ke-2. hal 27

Abu Ahmadi. 2005. ”Strategi Belajar Mengajar”. Penerbit Pustaka Setia. Bandung.

Edy Purwanto. 2014. ”Strategi Pembelajaran Bidang Studi Geografi”. Penerbit Universitas Negeri Malang. Semarang.

Syaiful Bahri Djamarah dkk. 2006., “Strategi Belajar Mengajar”. Penerbit PT.Rineka Cipta.

Rusman. 2013. ”Model-Model pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru”, Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Ni Nyoman Padmadewi dkk. 2017. ”Pengantar Micro Teaching”. Penerbit Rajawali Pers. Depok.

Syaiful Sagala. 2003. “Konsep dan Makna Pembelajaran”. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Roestiyah. 1989. ”Strategi Belajar Mengajar”. Penerbit Bima Aksara.Jakarta

Ahmad Sabri. 2007. “Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching”. Penerbit Quantum Teaching. Padang

Syaiful Bahri Djamarah dkk. 2006., “Strategi Belajar Mengajar”. Penerbit PT.Rineka Cipta.

Irvin Adikara.2002. Pengajaran Remedial dengan Menggunakan Strategi Belajar sebagai upaya untuk mengatasi Kesulitan Belajar siswa pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Tesis (Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Surabaya : Tidak dipublikasikan). hal 25

Mu’awanah, M. A. (2011). Strategi Pembelajaran: Pedoman untuk Guru dan Calon Guru.

Barlian, I. (2013). Begitu Pentingkah Strategi Belajar Mengajar Bagi Guru?. In Forum Sosial (Vol. 6, No. 01, pp. 241-246). Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya.


Article Metrics

Abstract view : 211 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.