PKM Strategi Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri Satap 4 Maniangpajo
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Strategi mengajar diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar agar terjadi interaksi antara guru dan siswa yang diarahkan untuk mencapai tujuan secara sistematis. Tujuannya adalah; 1). Sehingga guru dapat menentukan strategi pengajaran yang tepat dalam bahan ajar pada siswa SMP Negeri Satap 4 Maninapajo Kabupaten Wajo; 2). Dengan menggunakan strategi mengajar guru secara tepat, siswa dapat berhasil meningkatkan hasil belajarnya [Nyompa, 2018]. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah; metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan. Kuncinya adalah metode penugasan melalui simulasi mengajar guru dengan menggunakan strategi mengajar secara efektif. Hasil pengabdian ini, guru dapat mengajar dengan menggunakan strategi mengajar guru yang tepat sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya siswa SMP Negeri Satap 4 Maniangpajo Kabupaten Wajo.
Kata kunci: Program Kemitraan Masyarakat, strategi mengajar guru, siswa
Full Text:
PDFReferences
Oemar Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. (Jakarta: Bumi Aksara) cet. Ke-2. hal 27
Abu Ahmadi. 2005. ”Strategi Belajar Mengajar”. Penerbit Pustaka Setia. Bandung.
Edy Purwanto. 2014. ”Strategi Pembelajaran Bidang Studi Geografi”. Penerbit Universitas Negeri Malang. Semarang.
Syaiful Bahri Djamarah dkk. 2006., “Strategi Belajar Mengajar”. Penerbit PT.Rineka Cipta.
Rusman. 2013. ”Model-Model pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru”, Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Ni Nyoman Padmadewi dkk. 2017. ”Pengantar Micro Teaching”. Penerbit Rajawali Pers. Depok.
Syaiful Sagala. 2003. “Konsep dan Makna Pembelajaran”. Penerbit Alfabeta, Bandung.
Roestiyah. 1989. ”Strategi Belajar Mengajar”. Penerbit Bima Aksara.Jakarta
Ahmad Sabri. 2007. “Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching”. Penerbit Quantum Teaching. Padang
Syaiful Bahri Djamarah dkk. 2006., “Strategi Belajar Mengajar”. Penerbit PT.Rineka Cipta.
Irvin Adikara.2002. Pengajaran Remedial dengan Menggunakan Strategi Belajar sebagai upaya untuk mengatasi Kesulitan Belajar siswa pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Tesis (Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Surabaya : Tidak dipublikasikan). hal 25
Mu’awanah, M. A. (2011). Strategi Pembelajaran: Pedoman untuk Guru dan Calon Guru.
Barlian, I. (2013). Begitu Pentingkah Strategi Belajar Mengajar Bagi Guru?. In Forum Sosial (Vol. 6, No. 01, pp. 241-246). Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya.
Article Metrics
Abstract view : 250 times | PDF view : 39 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.