PKM Edukasi Berfikir Komputasi bagi Guru SMP di Kabupaten Gowa

Edi Suhardi Rahman(1*), Dyah Vitalocca(2), Massikki Massikki(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah Guru-Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berada di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Permasalahan yang dihadapi adalah : (1) aspek pengetahuan yaitu yaitu guru SMP belum banyak mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai penyusunan soal-soal berbasis Computational Thinking (CT), (2) aspek praktek yaitu guru yang ada di Kabupaten Gowa belum mempunyai banyak pengalaman mengerjakan soal-soal dan latihan berbasis Computational Thinking (CT). Solusi yang ditawarkan oleh tim pengusul pengabdian yaitu (1) memberikan pengenalan materi tentang pengetahuan yang berhubungan dengan soal-soal berbasis Computational Thinking (CT), (2) mengadakan pelatihan pada guru yang ada di Kabupaten Gowa terkait dengan soal-soal dengan tingkatan berfikir Computational Thinking (CT). Metode pelaksanaan yang dilakukan yaitu menggunakan pendekatan partisipatoris dengan melibatkan guru-guru pada sekolah mitra. Pendekatan yang dilakukan berupa observasi, diskusi, dan tanya jawab dengan kolompok mitra, merumuskan masalah dan memberikan solusi dari permasalahan. Hasil yang dicapai kegiatan ini yaitu para guru SMP di Kabupaten Gowa mendapatkan pengetahuan mengenai Computational Thinking dan peningkatan kemampuan dalam mengerjakan soal-soal berbasis CT. Target capaian jenis luaran yang diharapkan yaitu adanya (1) publikasi ilmiah di jurnal/prosiding, (2) publikasi di media masa (cetak/elektronik), (3) peningkatan pengetahuan, (4) peningkatan peringkat pada “Bebras Challenge”.

Full Text:

PDF

References


Dagiene, V., & Stupuriene, G. (2016). Bebras—A Sustainable Community Building Model for the Concept Based Learning of Informatics and Computational Thinking. Informatics in Education, 15(1), 25–44.

Kalelioglu, F., Gulbahar, Y., & Kukul, V. (2016). A framework for computational thinking based on a systematic research review.

Wahyuni, S., Rachman, F. H., & Hendrawan, Y. F. (2016). Pembekalan pemrograman dasar komputer bagi guru TIK dan siswa terpilih di tiga mitra SMA Kabupaten Bangkalan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 2(1), 111–123.

Wing, J. (2006). Computational Thinking. Comunication of the ACM, 49 (3), 33–35.


Article Metrics

Abstract view : 107 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.