Pelatihan dan Implementasi Metode Drill dalam Pembelajaran Seni Musik Bagi Guru SDN No. 73 Bontorita Galesong Utara Kabupaten Takalar

Hikmawati Usman(1*), Sayidiman Sayidiman(2), Nasaruddin Nasaruddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Metode drill adalah salah satu cara untuk memberikan pengetahuan pembelajaran bagi guru SD sebagai bekal sedini mungkin yang menjadi guru untuk masa depan bangsa, sebagai Langkah awal untuk mengenal masyarakat lebih mendalam pada saat Guru SD melakukan Magang atau KKN, saat itulah mereka akan memulai berkreasi dari berbagai macam metode, pendekatan, gaya belajar yang akan diterapkan pada masyarakat, tentunya tidak terlepas dengan Pendidikan pada sekolah-sekolah yang ada lingkungan sekitarnya. Hal ini sejalan dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan kebudayaan (mendikbud 2020) dengan program kampus merdeka menyatakan bahwa adanya kebebasan kepada Guru SD untuk mengambil mata kuliah di luar prodi selama 3 semester dari 8 semester. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan Guru SD menggunakan metode drill dalam melakukan pembelajaran seni music khususnya dalam praktek memainkan pianika masih kurang, hal ini dapat dilihat dari keseharian di kelas ketika pembelajaran seni music berlangsung. Pembelajaran aktif yang menekankankan aktivitas Guru SD PGSD atau calon guru SD khususnya dalam mengajar menggunakan metode drill. Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan yang sangat memerlukan penanganan adalah: Bagaimana mengenalkan cara-cara penggunaan metode untuk meningkatkan pengetahuan bagi Guru SD, menambah pengetahuan dan pengalaman Guru SD dalam pembelajaran metode Drill , kemudian menghasilkan metode Drill yang bermanfaat bagi Guru SD dan siswa sekolah dasar nanti.

 

Kata kunci: Metode Drill, Pembelajaran Seni Musik


Full Text:

PDF

References


Desyandri., P. M. (2019). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Musik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. 3(3).

Durrul Jauhariyah, D. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Drill pada Materi Kalor terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. 06(April), 37–45. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.907

Elly, R. (2017). Hubungan Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 43–53.

Jaelani, A., & Aisyah, S. (2017). Pengaruh Metode Drill terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian pada Siswa elas III MIN Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 87–96. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1472

Karwono., H.M. (2017). Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada. Luthfiani, R. (2020). Penggunaan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hewan dan Tumbuhan. In Journal of Chemical

I

nformation and Modeling (Vol. 43, Issue 1). https://online210.psych.wisc.edu/wp- content/uploads/PSY210_Unit_Materials/PSY 210_Unit01_Materials/Frost_Blog_2020.pdf% 0Ahttps://www.economist.com/special report/2020/02/06/china-is-making-substantial- investment-inports-and-pipelines- worldwide%0Ahttp://www. Mudana, I. G. A.

M. G. (2019). Membangun Karakter dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21285

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. 11(1), 9–16.

Ni Made Wulan Sri Tarini, I Ketut Adnyana Putra, L. A. T. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Cerita Rakyat terhadap Perilaku Empati Anak Kelompok B. 6(1), 1–10.

Nia Afriyani. (2020). Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar pada Mata Pelajaran SBdP melalui Metode Drill Siswa Kelas V Min 1 Metro (Issue 9).

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran.

FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333.

https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Rasmini, N. W. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Musik melalui 41 Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction dengan Metode Drill. 4(3), 300–306.

Rusni, R., & Agustan, A. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 1–9. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1233

Sari, N., & Maryatun, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Drill terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kelas X Semester Genap SMK Negeri 1 Metro. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 4(2), 69–77. https://doi.org/10.24127/ja.v4i2.642

Soginem, Imam Ghozali, W. I. (n.d.). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Keterampilan Menyanyikan Lagu Daerah Nusantara Siswa SMP. 1–14.

Suci, D. W. (2019). Manfaat Seni Musik dalam Perkembangan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 177–184.

Testi Bazarni Zebua, Julaga Situmorang, R. M. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Apresiasi terhadap Hasil Belajar Seni Musik Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 60–72.

Triwiyanto, T. (2015). Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara. Usman, H. (n.d.). Studio Seni Musik. Makassar: Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Utary, M. T. (2018)


Article Metrics

Abstract view : 212 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.