Peningkatan Pengetahuan Guru Vokasi Melalui Pelatihan Pembuatan Trainer Berbasis IoT (Internet of Things)
Sapto Haryoko
(1*), Hendra Jaya
(2), Anita Candra Dewi
(3),
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Target dan luaran yang dihasilkan sesuai dengan rencana kegiatan adalah Terciptanya guru SMKN 10 Provinsi Sul-sel:1) meningkatkan pengetahuan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi khususnya Trainer IoT (Internet of Things) untuk pemelajaran dan manajemen kelas; 2) Terciptanya sarana pembelajaran yang memuat aplikasi desain grafis digital yang dapat diakses dan dipertukarkan di mana saja, dari mana saja, dan kapan saja dengan menggunakan Trainer IoT (Internet of Things); 3) meningkatkan keterampilan dalam mendesain pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa, meningkatkan motivasi dan kolaborasi siswa dalam kegiatan belajar; 4) meningkatkan keterampilan dalam membuat pembelajaran agar siswa dapat melakukan pembelajaran secara mandiri dimana saja dan kapan saja tanpa harus diruang kelas; 5) meningkatkan keterampilan dalam mengoperasikan Trainer IoT (Internet of Things). Metode yang digunakan adalah demonstrasi dan simulasi untuk membangun proses belajar mengajar yang efektif. Hasil dari pelatihan adalah Guru SMKN 10 Makassar: 1) sudah memahami, mendapatkan wawasan dan pengetahuan serta keterampilan dalam membuat trainer IoT; 2) sudah mampu (1) menciptakan media Trainer IoT (Internet of Things) untuk mata pelajaran produktif di SMK; (2) meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan pengetahuan guru SMK dalam memanfaatkan Trainer IoT (Internet of Things); (3) meningkatkan kemampuan berfikir kritis guru SMK setelah diterapkannya media Trainer IoT (Internet of Things); 3) Rata-rata Pemahaman Guru dalam menerima materi 62,5%, Partisipasi Guru dalam pelatihan 87,5%, Guru familiar dengan Metode yg diberikan 75%, Guru mampu menerapkan Materi adalah 100%, dan Keberhasilan guru dalam menerapkan Materi 87,5%.
Kata kunci: Pelatihan, SMK, Trainer, IoT
References
Badrun, (2014). Daftar Alamat dan Jurusan SMK Negeri di Kota Makassar, Pare-pare dan Palopo. diambil secara online dari http://blog.kartunmania.com/2014/ 06/daftar-alamat-dan-jurusan-smknegeri-di-makassar-pare-pare-danpalopo/#ixzz3VqAi9sjk Depdiknas. (2002). Pendekatan Kontekstual (Contekstual Teaching Learning/CTL). Jakarta: Depdiknas Dick, Walker & Carey. Lou, Carey., James O. (2001). The systematic design of Instruction (5th Ed). New York. Longman Gagne, R, M. & Briggs L.J. (1974). Principle of Instructional Design. New york: Holt, Rinehart & Winston. Mauludi Manfaluthy, Risma Ekawati. (2019). Pelatihan Internet Of Things (Iot Trainer) Berbasis Esp8266 Pada SMK AlMuhadjirin Bekasi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. E-ISSN: 2714-6286. : http://jurnal.umj.ac.id/index.php/se mnaskat Soenarto, S. (1993). Strategi Pengelolaan PBM Praktek Pada Sekolah Kejuruan. Jurnal PTK, No.2 Tahun 1. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Article Metrics
Abstract
view : 148 times |
PDF view :
13 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.