Pengembangan Kapasitas Ekonomi Buruh Tani Melalui Keterampilan Pembuatan Batako Ramah Lingkungan

Nurlita Pertiwi(1*), Gufran D. Dirawan(2), Mithen Lullulangi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Kelompok Tani Mattunrue Tunrue di Kabupaten Soppeng dengan dasar pemikiran potensi wilayah serta permasalahan ekonomi buruh tani yang menjadi anggota kelompok tani. Potensi wilayah adalah ketersediaan limbah pertanian yaitu abu sekam padi pada wilayah mitra. Selain itu, pasir yang merupakan sumber daya alam dari sungai juga berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai bahan pembentuk batako. Metode PRA dilakukan untuk mendorong mitra untuk menganalisa masalah dan potensi wilayah yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan kapasitas ekonominya. Metode utama yang ditempuh dalam kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM)  ini berupa diskusi, ceramah dan praktik langsung.  Hasil yang dicapai adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan buruh tani dalam pembuatan batako ramah lingkungan.
 
Kata kunci: Batako, abu sekam padi, buruh tani

Full Text:

PDF

References


Ahmad, I. A., Winarno, H., & Dwiasta, A. Y. (2019, February). Karakteristik campuran abu sekam padi dan slag sebagai cementituous materials. In Seminar Nasional LP2M UNM. Badan Standarisasi Nasional. 1989. SNI 03-03491989 Bata Beton untuk Pasangan Dinding. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional. Basry, W., & Amir, Y. (2019). Peningkatan Kualitas Batako dengan Penambahan Abu Sekam Padi.

Darwis, D., Astriana, A., & Ulum, M. S. (2016). Pemanfaatan Limbah Serat Batang Sagu Untuk Pembuatan Batako. Gravitasi, 15(1). Yusuf, R. N., Musyadad, V. F., Iskandar, Y. Z., & Widiawati, D. (2021). Implikasi Asumsi Konsep Diri Dalam Pembelajaran Orang Dewasa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 11441151.


Article Metrics

Abstract view : 79 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.