PKM Bimbingan Karir Masa Depan Bagi Anggota Forum Anak Hasanuddin Tamalla’jua (FAHASTA) Kabupaten Gowa

Abdullah Sinring(1*), Nur Fadhilah Umar(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kesulitan dan menetukan jurusan merupakan salah satu masalah pendidikan yang menjadi fokus pemerintah. Data dilapangan menunjukkan 35% siswa di SMA mengalami kebingungan dalam memilih jurusan dan studi lanjut diperguruan tinggi. Banyak siswa SMP yang mengalami kebingunan dalam memilih studi lanjutan di SMA/SMK/MA. Pada tingkat perguruan tinggi, banyak calon sarjana yang mengalami drop out dari universitas, dikarenakan tidak merasa nyaman dengan jurusan yang telah dipilih sebelumnya. Perencanaan karir merupakan hal yang penting untuk diselesaikan sejak di jenjang sekolah menengah, karena gagal dalam merencanakan karir akan berpengaruh pada perkembangan karir selanjutnya. Berdasarkan hasil FGD dan wawancara dengan pendamping forum anak pelatihan terkait bimbingan sukses meraih masa depan masih sangat rendah. Selain itu, hasil wawancara kepada pendamping dorum anak Gowa menunjukkan bahwa 52% layanan BK didominasi oleh bimbingan belajar, 35% pada layanan pribadi-sosial dan 12% pada layanan bimbingan karir. Pelaksanaan PKM ini dilakukan dengan mengadopsi langkah-langkah action research yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi dan pendampingan. Kegiatan pelatihan ini akan dilakukan selama 4 hari kegiatan ini, dan akan diberikan pendampingan setelah kegiatan selama 3 bulan. Target peserta dalam kegiatan ini yakni 40 guru BK.  Terdapat beberapa luaran yang akan dihasilkan melalui program ini yakni 1) Publikasi Ilmiah pada jurnal; 2) Publikasi pada media cetak/elektronik dan berupa video kegiatan, 3) Meningkatnya Pemahaman Guru BK terkait metode-metode dalam bimbingan karir, 4.) Anak memahami minat, bakat dan potensi dirinya. Luaran lainnya yang dapat dihasilkan melalui kegiatan ini yakni meningkatnya harapan karir siswa dan meningkatkan kualitas layanan bimbingan karir di forum anak.

Full Text:

PDF

References


Aryani, F., Rais, M., & Sinring, A. (2018). Effect of SIMPESA Career Application on Student Self-Efficacy in Selecting majors. Journal of Physics: Conference Series, 51-59 Aryani, F., & Rais, M. (2018). Model ePeminatan: Solusi Praktis Merencanakan Karier Masa Depan. Makassar: Badan Penerbit UNM BPS. (2018). Pendidikan Indonesia Dalam Angka. Jakarta: Badan Pusat Statistik. BPS. (2018). Statistik Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar: Badan Pusat Statistik provinsi Sulawesi Selatan. BPS. (2017). Indonesia Dalam Angka. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Fasha, F., Sinring, A., & Aryani, F. (2015). Pengembangan Model E-Career untuk Meningkatkan Keputusan Karir Siswa SMA Negeri 3 Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 170-179. Kamsihyati, T., Sutomo, & FS, S. (2016). Kajian Faktor-Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah di Desa Jangrana Kecamatan KesugihanKabupaten Cilacap. Geo Edukasi, 16-21. M Rais, M., Aryani, F., Ahmar, A. S., Arfandi, H., & KS , W. (2018). Learning Media Edu-Games “My Profession” as an Effort to Introduce Various Types of Profession in Early Childhood Education Students. Journal of Physics: Conference Series, 12-20.

Putri, A. E., Trisnaningsih, & Nugraheni, I. L. (2018). Analisis Faktor Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12-18 Umar, N. F. (2017). E-modul Attributional Retraining untuk Meningkatkan Optimisme Karir mahasiswa. Nusantara of Research, 86-92

Windiarto, T., Yusuf, A. H., Santoso, A. D., Nugroho, S., Latifah, S., Solih, R., . . . Rahmawatiningsih,, A. (2018). Profil Anak Indonesia. Jakarta: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak


Article Metrics

Abstract view : 139 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.