Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada GuruGuru di SD Inpres Kassi Kassi 1

Alifya NFH(1*), Rissa Megavitry(2), Andi Akram Nur Risa(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah guru SD Inpres Kassi Kassi 1. Adapun permasalahan mitra adalah: (1) kurangnya pengetahuan tentang jenis pembelajaran berbasis multimedia, (2) kurangnya kemampuan untuk menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia. Sasaran eksternal adalah seluruh guru dan siswa SD Inpres Kassi Kassi 1. Metode yang digunakan adalah: ceramah, diskusi, demonstrasi, pendampingan dan tugas mandiri. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan tentang jenis pembelajaran berbasis multimedia, (2) mitra memiliki kemampuan untuk menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia, (3) mitra memiliki kemampuan untuk mendesain pembelajaran berbasis multimedia yang mudah dan sederhana.
 
Kata kunci: media, multimedia, pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Dewi, C. K. 2018. Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Hermawan, D.P. 2017. Efektivitas Penggunaan Game Edukasi Berjenis Puzzle, RPG Dan Puzzle RPG Sebagai Sarana Pembelajaran Matematika. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Irwan, I., Luthfi, Z.F., & Waldi, A. 2019. Efektifitas Penggunaan Kahoot! Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa [Effectiveness of Using Kahoot! To Improve Student Learning Outcomes]. Pedagogia: Jurnal Pendidikan 1.8. Muhtasyam, A. 2018. Matematika Berupa Game Edukasi Berbasis Android Dengan Bantuan Software Construct 2. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Noor, S. 2020. Penggunaan Quizizz dalam Penilaian Pembelajaran pada Materi Ruang Lingkup Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati 6.1: 1-7.

Prasetyo, F dan Hardjono, N. 2020. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Terhadap Minat Belajar Matematika (MTK) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo, vol. 02, no. 01, pp.2685-9645. Salsabila, U.N., Habiba, I.F., Amanah, I.L., Istiqomah, N.A., dan Difany, S. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal ilmiah ilmu terapan universitas jambi, volume 4 nomor 2 Wulandari, R., Susilo, H dan Kuswandi, D. 2017. Penggunaan Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, vol. 2, no. 8, p. 1024—102


Article Metrics

Abstract view : 163 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.