PKM Pelatihan Edukasi Pencegahan Pernikahan Anak

Nur Fadhilah Umar(1*), Suciani Latif(2), Geminastiti Sakkir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Sulawesi Selatan telah sampai pada taraf darurat penikahan anak di usia dini. Data Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak Sulawesi Selatan bahwa Kabupaten Gowa merupakan salah satu kabupaten yang memiliki angka pernikahan anak yang tinggi (Hariyadi, 2019). Kasus pernikahan anak merupakan bentuk pelanggaran serius terhadap hak-hak anak, khususnya anak perempuan. Menurut UNICEF, praktik pernikahan anak akan membatasi akses terhadap pendidikan, meningkatkan resiko kesehatan, keamana hingga kemampuan anak di masa depan. Hal ini juga berkontribusi pada ketidaksetaraan dan ketidakadilan gender di masyarakat terutama pada kasus marginalisasi, diskriminasi, stereotype, dan double burden pada perempuan. Berdasrkan hasil observasi dan focus group discussion (FGD) yang telah dilakukan kepada masyarakat di kecamatan bantimurung, desa Alatengae, diperoleh informasi bahwa sebagian besar orang tua menikahkan anak mereka di bawah 16 tahun, dengan memalsukan akte lelahiran di KUA. Terdapat 4 aspek yang akan difokuskan pada pelatihan nantinya yakni bagaimana pentingnya pendidikan yang bagi masa depan anak, bagimana resiko-resiko yang akan terjadi akibat pernikahan anak, bagaimana mengembangkan komunikasi yang baik antara orang tua dan anak, serta mengenali jenis jenis pola parenting dan bagaimana menerapkan pola pengasuhan anak yang tepat di dalam keluarga. Pelaksanaan PKM ini dilakukan dengan mengadopsi langkah-langkah action research yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi dan pendampingan. Kegiatan pelatihan ini akan dilakukan selama 4 hari kegiatan ini, dan akan diberikan pendampingan setelah kegiatan selama 3 bulan. Target peserta dalam kegiatan ini yakni 70 masyarakat. Terdapat beberapa luaran yang akan dihasilkan melalui program ini yakni 1) Publikasi Ilmiah pada Jurnal “Jurnal Psikologi pendidikan dan Bimbingan” Terindeks di DOAJ, Google Scholar, SINTA, dan lain-lain. 2) Publikasi pada media cetak/elektronik (Berita Kota Makassar, Tribun Timur, dan Website UNM) dan berupa video kegiatan, 3) Meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pendidikan dan tingginya resiko pernikahan anak, 4.) Meningkatnya kemampuan masyarakat terkait keterampilan komunikasi positif dan kemampuan pengasuhan anak yang tepat, 5) Hak cipta yang terdaftar, ) draft buku ber ISBN. Luaran lainnya yang dapat dihasilkan melalui kegiatan ini yakni menurunnya angka putus sekolah, menurunkan angka kehamilan beresiko.

Full Text:

PDF

References


Aryani, F., Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2019). Career Guidance Model using Experimental Learning Approach to Improve Students’ Soft Skills. 1st International Conference on Advanced Multidisciplinary Research (ICAMR 2018) (pp. 167-174). Makassar: Atlantis Press. Aryani, F., Rais, M., & Sinring, A. (2018). Effect of SIMPESA Career Application on Student Self-Efficacy in Selecting majors. Journal of Physics: Conference Series, 51-59

Aryani, F., & Rais, M. (2018). Model ePeminatan: Solusi Praktis Merencanakan Karier Masa Depan. Makassar: Badan Penerbit UNM BPS. (2018). Pendidikan Indonesia Dalam Angka. Jakarta: Badan Pusat Statistik. BPS. (2018). Statistik Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar: Badan Pusat Statistik provinsi Sulawesi Selatan. BPS. (2017). Indonesia Dalam Angka. Jakarta: Badan Pusat Statistik. Fasha, F., Sinring, A., & Aryani, F. (2015). Pengembangan Model E-Career untuk Meningkatkan Keputusan Karir Siswa SMA Negeri 3 Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 170179. Kamsihyati, T., Sutomo, & FS, S. (2016). Kajian Faktor-Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah di Desa Jangrana Kecamatan KesugihanKabupaten Cilacap. Geo Edukasi, 16-21. M Rais, M., Aryani, F., Ahmar, A. S., Arfandi, H., & KS , W. (2018). Learning Media Edu-Games “My Profession” as an Effort to Introduce Various Types of Profession in Early Childhood Education Students. Journal of Physics: Conference Series, 12-20. Putri, A. E., Trisnaningsih, & Nugraheni, I. L. (2018). Analisis Faktor Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12-18 Umar, N. F. (2017). E-modul Attributional Retraining untuk Meningkatkan Optimisme Karir mahasiswa. Nusantara of Research, 86-92 Windiarto, T., Yusuf, A. H., Santoso, A. D., Nugroho, S., Latifah, S., Solih, R., . . . Rahmawatiningsih,, A. (2018). Profil Anak Indonesia. Jakarta: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak


Article Metrics

Abstract view : 181 times | PDF view : 494 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.