PKM Pelatihan Penyusuna Best Practice Bagi Guru Taman Kanak-kanak di Pattalassang Kabupaten Gowa

Syafiuddin Parenrengi(1*), Rusyadi Rusyadi(2), Andi Zulfikar Yusuf(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Permasalahan yang dihadapi guru Taman Kanak-Kanak (TK)/PAUD adalah kurangnya pengalaman menulis karya ilmiah bagi guru- guru Tk,  penulisan karya ilmiah bagi guru Tk selain pada saat pelatihan  adalah sebagai salah satu prasyarat untuk naik jabatan, sehingga guru-guru Tk sering terhambat dalam mengajukan kenaikan jabatan, karya ilmiah yang umum bagi guru adalah PTK atau Penelitian Tindakan Kelas akan tetapi karya ilmiah berupa Best Practice merupakan alternative lain sebagai pemenuhan karya ilmiah bagi guru.

Pelatihan penyusunan Best Practice kepada guru-guru TK/PAUD di Pattallassang Kab. Gowa ini, bertujuan agar para guru TK medapatkan pengetahuan untuk menyusun karya ilmiah berupa Best Practice kepada guru-guru TK/PAUD yang tergabung dalam IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia)  kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa.

Metode yang digunakan dalam penyampaian materi adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi dan simulasi serta praktek kerja langsung. Sedangkan evaluasi yang digunakan adalah pengamatan langsung kepada peserta sewaktu melakukan praktek menyusun Best Practice di mulai dari menemukan masalah dalam pembelajaran di TK, menentukan metode penyelesaian masalah dan menulis sesuai dengan format karya ilmiah Best Practice. Kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru TK untuk membuat karya ilmiah. Selanjutnya disarakan kepada pihak pihak dosen yang menekuni  bidang pendidikan,  kiranya dapat meluangkan waktu untuk memberikan penyuluhan/pelatihan/bimbingan kepada guru-guru khususnya yang berkaitan dengan profesi pendidik, karena guru-guru masih sangat memerlukan bantuan mengenai peningkatan kinerjanya

 

Kata kunci: Guru Paud, Best Practice


Full Text:

PDF

References


Syafiuddin Parenrengi, Darmawang dan Ismail (2018). PKM Komunitas Pecinta Otomotif. LP2M Universitas Negeri Makassar.

https://www.advernesia.com/excel/ Diakses tanggal 05 September 2020.


Article Metrics

Abstract view : 123 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.