PKM Kelompok Remaja Masjid Tabaria Pelatihan Servis AC

Sabran Sabran(1*), Tasri Ponta(2), Edy Sabara(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Jumlah Pemuda Remaja Masjid Tabaria di Kelurahan Manuruki cukup tinggi, hal ini berdampak pada tingkat pengangguran yang juga tinggi, minimnya keterampilan khusus menjadi penyebab sulitnya kelompok pemuda tersebut untuk mendapatkan kerja yang layak, di sisi lain pemuda yang menganggu rmenjadi rentan terhadap perilaku kriminalitas dan kerusuan antra warga. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan skill dan kemampuan kelompok pemuda remaja masjid Tabaria di Kelurahan Manuruki, Kecamatan Tamalate dengan langkah memberikan pelatihan dan ilmu bagi kelompok pemuda dalam melakukan servis / perbaikan AC. Target luaran yang diharapkan dari kegaiatan ini adalah Kelompok mitra sebanyak 15 (limabelas) orang pemuda remaja masjid tabaria yang memiliki skill dan kemampuan dalam melakukan servis dan perawatan AC. Sehingga dapat meningkatkan taraf hidup pemuda remaja masjid Tabaria,dapat menyerap tenaga kerja dari kelompok pemuda sekitar dan mengurangi angka kriminalitas. Dalam pelaksanaanya pelatihan ini dilakukan dengan memberikan teori dan praktik, Garis Besar Materi diajarkan meliputi dasar rerigerasi, dasar sambungan perpipaan, teknik perawatan, teknik perbaikan, praktek perawatan dan perbaikan. Pelatihan diikuti oleh 1 kelompok mitra yang berjumlah total 15 orang peserta, setiap peserta telah menguasai keterampilan dalam bidang perawatan dan perabaikan AC.

 

Kata Kunci: Pemuda Remaja Masjid Tabaria,  Pelatihan, Servis AC


Full Text:

PDF

References


Andi Fitrah, Juanda Nawawi, Rahmatullah, 2014. Peran Pemerintah Kota Makassar dalamPengentasanKemiskinan pada Program UEP dan KUBE, journal.unhas.ac.id/index.php/government/article/download/.../pdf, diaksestanggal 23 Februari 2017.

Surip, 2011. Implementasi model project work dalampembelajaran mixing bahankimiauntukmeningkatkankarakterkerja professional pesertadidik.Yogyakarta.PTK (tidakdipublikasikan)

Muhammad Basir, 2013. HubunganSosial dan AksesSosial Masyarakat pada LingkunganPemukimanKumuh di Kota Makassar, Universitas Hasanuddin.

Effendi, N, Tajuddin, 1996 “PerkembanganPenduduk, Sektor Informal, dan Kemiskinan Kota”. DalamAgusDwiyanto (Ed). Penduduk dan Pembangunan. Yogyakarta: Aditya Media.


Article Metrics

Abstract view : 117 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.