Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata Sehat di Kelurahan Untia Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar

Zaenab Zaenab(1*), Ain Khaer(2), Citrawati Citrawati(3), Budirman Budirman(4),

(1) Poltekkes Kemenkes Makassar
(2) Poltekkes Kemenkes Makassar
(3) Poltekkes Kemenkes Makassar
(4) Poltekkes Kemenkes Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak : Pengembangan potensi desa wisata di sebuah kawasan tertentu tidak lepas dari peran serta aparat dan masyarakat setempat. Selain itu lingkungan sekitar yang dapat menjadi sarana dan prasarana juga perlu mendapatkan perhatian lebih oleh masyarakat. Melihat kondisi lingkungan dan kurangnya kesadaran masyarakat setempat sehingga kawasan hutan mangrove yang ada kurang mendapat perhatian dan tidak terawat sehingga kurang diminati oleh pengunjung oleh karena itu kegiatan ini dilakukan untuk bagaimana memberdayakan Masyarakat dan berperan aktif dalam mengembangkan Desa Wisata Sehat Di Kelurahan Untia Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Didapatkan hasil bahwa masyarakat dapat mengetahui bagaimana Pengembangan desa wisata sehat melalui peningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan masyarakat dan wisatawan dengan melakukan edukasi terhadap masyarakat, memberikan pelatihan- pelatihan untuk meingkatkan SDM.
 
Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Pengembangan, Desa Wisata Sehat’

Full Text:

PDF

References


Fahrudin, A. (2012). Pemberdayaan, Partisipasidan Penguatan Kapasitas Masyarakat. Bandung : Humaniora. Mardikanto, T. (2014). CSR (Corporate Social Responsibility) (Tanggung jawab Sosial Korporasi). Bandung: Alfabeta.

Najiati, S (2005). Pemberdayaan Masyarakat di LahanGambut. Bogor: Wetlands International. Soemirat. S, (2004), Kesehatan Lingkungan, UGM, Yogyakarta.

Suharto, Edi., (2005). Membangun Masyarakat memberdayakan Rakyat. Bandung: RefikaAditama


Article Metrics

Abstract view : 234 times | PDF view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.