PKM PROGRAM EDUKASI PERILAKU MAKAN SEHAT PADA ANAK

Rohma Rifani(1*), Wilda Ansar(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak: Adanya problem perilaku makan pada anak yang tergolong tinggi > 50% menunjukkan bahwa ada masalah dalam pengasuhan khususnya dalam memberi makan anak. Posyandu merupakan program binaan dinas kesehatan dengan diaktifkan oleh para kader PKK. Namun demikian dalam pelaksanaannya para kader Posyandu mengalami beberapa masalah terkait pemberian edukasi pada masyarakat. Berdasarkan permasalahan ini maka perlu untuk dilakukan psikoedukasi mengenai perilaku makan sehat pada anak. Metode yang digunakan adalah psikoedukasi dalam bentuk webinar. Dilakukan pretes dan postes untuk mengukur efektifitas psikoeduasi ini. Adapun hasilnya adalah terdapat peningkatan yang signifikan mengennai pemahaman peserta dan kesan peserta secara umum menyampaikan kegiatan ini sanbgat bermanfaat khususnya bagi kader posyandu.

Keyword: edukasi, perilaku,  makan, sehat, anak


Full Text:

PDF

References


Adriani, M., & Wirjatmadi, B. (2014). Pengantar gizi masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ogden, J. 2014. The Good Parenting Food Guide; Managing What Children Eat without Making Food a Problem. United Kingdom: John Wiley & Sons, Ltd.

Rifani, R. Suryanto, & Suminar, D.R. (2018). Maternal feeding strategy used by working mothers of 4-6- years- old-children in Makassar, Indonesia. Prociding. International Conference on Advanced Multidisplinery Research (ICAMR). Atlantic Press.

Rifani, R. Suryanto, & Suminar, D.R.(2018). Parental feeding pada ibu bekerja yang memiliki anak usia dini di Makassar. Prosiding. Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar “ Diseminasi Hasil Penelitian melalui Optimalisis Sinta dan Hak Kekayaan Intelektual. ISBN: 978-602-5554-71-1.

Scaglioni, S., Salvioni, M., & Galimberti, C. 2008. Influence of Parental Attitudes in the Development of Children Eating Behavior. British Journal of Nutrition. Vol. 99, Suppl. 1. S22-S25. Doi: 10.1017/S0007114508892471.


Article Metrics

Abstract view : 120 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.