PKM Kewirausahaan Sosial

Thamrin Tahir(1*), Tuti Supatminingsih(2), Muhammad Ilyas Thamrin Tahir(3), Muhammad Hasan(4), Nur Arisah(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Staf SDN 27 Palakku. Adapun permasalahan prioritas yang mendasari kegiatan pelatihan ini adalah masih terdapat banyak masalah yang dihadapi oleh usaha ini. Secara umum berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat kawasan Bantimurung adalah (1) Hampir setengah usaha kecil di Kawasan Bantimurung mempergunakan kapasitas 60 persen atau kurang. Masalah-masalah utama yang dihadapi adalah sebelum investasi, menghadapi masalah pemasaran, kemudahan usaha (lokasi dan izin), pengenalan usaha: pemasaran, permodalan, hubungan usaha, peningkatan usaha: pengadaa bahan/ barang. (2) Usaha menurun karena kurang modal, kurang mampu memasarkan, kurang keterampilan, dan administrasi. (3) Mengharapkan bantuan pemerintah berupa modal, pemasaran, dan pengadaan barang. (4) 60 persen menggunakan teknologi tradisional. (5) 70 persen melakukan pemasaran langsung ke konsumen. Dan (6) Untuk memperoleh bantuan perbankan, dokumen-dokomen yang harus disiapkan dipandang terlalu rumit. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) Kegiatan pelatihan kewirausahaan tentunya memberikan nilai tambah bagi Kepala Sekolah, Guru, dan Para Staf SDN 27 Bulutana, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros. Nilai tambah yang dimaksud adalah masyarakat dapat meningkatkan minat, motivasi, dan jiwa kewirausahaanya serta mengarahakan perilakunya ke arah perilaku berwirausaha yang lebih positif. Dan (2) Berdasarkan observasi yang dilakukan terhadap pelaksanaan pelatihan dapat dikemukakan bahwa pelatihan tersebut berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan oleh tim pelaksana. Hal ini dengan antusiasnya peserta pelatihan mengikuti materi serta praktek yang diberikan.

 

Kata kunci: Kewirausahaan Sosial


Full Text:

PDF

References


Ciptono, W. S., 1999, Entrepreneurship Management Entering the Fifth Generation of Global Management Evolution: Total Quality of Ultrapreneurship Management, Lokakarya Perkembangan Tes Potensi Kewirausahaan Versi Indonesia, Pusbangnis LPKwu, 11 - 12 Januari, Surakarta.

Hasan, M., Arisah, N., Sasmita, F. A., Miranda, M., Putri, A. A., & Pattisina, C. D. (2021). Perilaku Berwirausaha Generasi Milenial di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 224-240.

Holt D.H., 1992, Entrepreneurship: New Venture Creation, Prestice Hall, New Jersey.

Hutamy, E. T., Marham, A., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Analisis Penerapan Bisnis Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z. Jurnal Bisnis dan Pemasaran Digital, 1(1), 1-11.

Inpres No. 4, 1994, Gerakan National Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan, Jakarta.

Munandar, A. S., 1999, Konsep Teoritis Entrepreneurship Komparasi Konsep Barat dan Indonesia (Pengertian, Komponen, Diri Kepribadian dan Perilaku Kewirausahaan), Lokakarya Perkembangan Tes Potensi Kewirausahaan Versi Indonesia, Pusbangnis LPKwu, 11-12 Januari, Surakarta.

Mustari, M., Arisah, N., Thaief, I., Fatmawati, F., & Hasan, M. (2021, August). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja UMKM di Kota Makassar. In Seminar Nasional Teknologi Pendidikan (Vol. 1, No. 1, pp. 165-177).

Mutis, T., 1995, Kewirausahaan yang Berproses, Grasindo, Jakarta.

Nurdiana, N., Hasan, M., Arisah, N., Riesso, A. S., & Hasanah, D. F. (2020). An Analysis of the Effect of Economic Growth, Inflation, and Open Unemployment on Poverty in South Sulawesi Province. Journal of Research in Business and Management, 8(9), 14-17.

Suryana, A.S., Imelda R., Idris S., Agus A, Eymal B.O., Suardi B., dan Rusli M.R., 1995, Mulai dengan Usaha Kecil Merintis Karir Kewirausahaan Anda, Pusat Pengembangan Usaha Kecil Kawasan Timur Indonesia, UjungPandang.


Article Metrics

Abstract view : 573 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.