Komposter Organik sebagai Solusi Limbah Sampah Rumah Tangga di BTN Tabaria Baru

Supriadi Supriadi(1*), Mustamin Mustamin(2), Mahmud Mustafa(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak, Ditengah makin terbatasnya lahan untuk mengolah sampah secara tradisional, komposter mini skala rumah tangga ini dapat dibuat dengan tujuan untuk mengolah sampah organik dapur menjadi pupuk kompos sekaligus pupuk cair. Tujuan dari PKM ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan memberdayakan masyarakat tentang pengolahan sampah rumah tangga dengan metode komposting pada BTN Tabaria Baru kota Makassar. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan kegiatan workshop dengan metode ceramah dan simulasi sedangkan kegiatan pendampingan menggunakan metode praktek pengelolaan sampah organik menggunakan komposter. Kegiatan yang akan dilakukanya itu dimulai dengan kegiatan persiapan workshop termasuk persuratan. Workshop dimulai dengan pemberian materi dengan metode ceramah tentang konsep tentang lingkungan hidup, klasifikasi sampah, peran serta perempuan dalam pengelolaan lingkungan hidup, workshop dilanjutkan dengan kegiatan simulasi pembuatan tempat sampah organik dan simulasi pengelolaan sampah rumah tangga dengan metode komposting. Setelah kegiatan workshop selesai dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan pengelolaan sampah organik menggunakan komposter pada BTN Tabaria Baru kota Makassar. Adapun langkah-langkah kegiatan pendampingan yaitu : 1) Praktek pembuatan komposter, 2) Praktek pembuatan bioaktivator,  3) Pengolahan Sampah organik menjadi pupuk cair dan padat dan 4) Penerapan pupuk hasil pengolahan sampah organik. Hasil yang dicapai adalah 1) Mitra memiliki pengetahuan tentang pengolahan sampah organik, 2) Mitra dapat membuat komposter pengolah sampah organik. 3) Mitra dapat mengolah sampah organiknya menjadi pupuk cair dan pupuk padat, 4) Mitra dapat mengaplikasikan pupuk hasil pengolahan sampah organik pada tanaman.

 

Kata Kunci : sampah, organik, komposter, pengolahan

Full Text:

PDF

References


Damanhuri, E., dkk. 2004. Diktat Kuliah Pengelolaan Sampah. Edisi Semester I 2004/2005. Bandung: ITB.

Doddy Ari S., Diana S., 2005. Kajian Potensi Ekonomis dengan Penerapan 3 R (Reduce, Reuse, dan Recycle) Pada Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kota Depok. Depok: Prosiding Seminar Ilmiah PESAT Universitas Gunardama.

DyahRespati SS, dkk. 2008. LaporanKegiatan PPM Dosen: Pelatihan dan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Berbasis Budaya terhadap Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Wirobrajan Menuju Kota Jogja Green and Clean. Yogyakarta: FISE UNY.

Karden Edy Sontang Manik. 2007. Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta: Penerbit Djambatan.

KuncoroSejati. 2009. Pengolahan Sampah Terpadu. Yogyakarta: Kanisius. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

https://blogs.princeton.edu/research/2014/03/26/a-more-potent-greenhouse-gas-than-co2-methane-emissions-will-leap-as-earth-warms-nature/

https://www.pertanianku.com/cara-sederhana-membuat-bioaktivator/

https://paktanidigital.com/artikel/panduan-membuat-kompos-dengan-metode-aerob-dan-anaerob/#.X8Qkibfgq00

http://daunijo.com/membuat-komposter-mini-rumah-tangga-dari-ember-bekas/

http://programlingkungan.blogspot.com/2014/01/cara-membuat-bioaktivator-bakteri. html


Article Metrics

Abstract view : 202 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.