Pemberdayaan Santri melalui Pengolahan Limbah Minyak Jelantah Sebagai Upaya Penyuluhan Eco Life

Moh. Ahsan Mandra(1*), Ahmad Rifqi Asrib(2), Andi Muhammad Taufik Ali(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abtrak. Minyak bekas atau minyak jelantah adalah minyak habis pakai yang apabila digunakan secara terus menerus dapat berdampak buruk bagi kesehatan karena mengandung senyawa-senyawa yang bersifat karsinogenik yang terjadi selama proses penggorengan. Oleh karena itu, minyak jelantah perlu dimanfaatkan kembali menjadi sebuah produk yang bermanfaat dan mendapatkan nilai jual. Belum banyak masyarakat yang melakukan pengoalahn minyak jelantah, termasuk di pesantren yang banyak menggunakan minyak. Tujuan utama dari kegiatan pelatihan yaitu untuk meningkatkan pengetahuan para santri terhadap bahaya penggunaan minyak jelantah secara berulang-ulang, serta pengolahan menjadi produk sabun dan lilin yang ramah lingkungan dan bernilai jual. Metode yang digunakan berupa sosialisasi dan pelatihan yang mencakup tahapan observasi dan survei, kooordinasi pra-pelaksanaan kegiatan, persisapan, pelaksanaan kegiatan, dan uji coba produk, serta evaluasi kegiatan. Rekomendasi dari kegiatan ini adalah perlunya teknologi tepat guna untuk mendukung proses produksi,variasi bentuk produk, serta pengemasan yang masih perlu disiapkan dengan baik.

Kata kunci:  Minyak jelantah, lilin, sabun.

Full Text:

PDF

References


Bogoriani, N. W., & Ratnayani, K. (2015). Efek Berbagai Minyak pada Metabolisme Kolesterol terhadap Tikus Wistar. Jurnal Kimia 9 (1), Januari 2015: 53-60. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/jchem /article/view/15249

Dalimunthe, Nur Asyiah (2009). Pemanfaatan Minyak Goreng Bekas Menjadi Sabun Mandi Padat. Jurusan Teknik Kimia. Tesis : Universitas Sumatera Utara.

Djatmiko, B. dan A.P. Widjaja (1973) Minyak dan Lemak. Departemen THP IPB. Bogor.

Eko, Y.F. dkk. (2012). Pengambilan Minyak Atsiri dari Daun dan Batang Serai Wangi (Cymbopogon Winterianus) Menggunakan Metode Distilasi Uap dan Air dengan Pemanasan Microwave. Jurusan Teknik Kimia, Fakultas eknologi Industri. ITS.

Fessenden, R.J dan Fessenden, J.S. (1994.) Kimia Organik, Jilid 2, Edisi ke 3. Jakarta : Erlangga

Gusviputri, A. dkk. (2013). Pembuatan Sabun dengan Lidah Buaya (Aloe Vera) sebagai Antiseptik Alami, Widya Teknik, 12(I), 11-21.

Jungermann, E. dkk. (1979). Bailey’s Industrial Oil and Fat Products, Volume 1, 4th edition, John Wiley and Sons, Inc. New York


Article Metrics

Abstract view : 172 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.