PKM Pengembangan Desain Kemasan Produk Bagi Pelaku Jasaboga Kota Makassar

Syamsuardi Syamsuardi(1*), St. Fatmah Hiola(2), M. Ihsan Said Ahmad(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Hal yang menjadi kesadaran pengurus APJI DPD Sulsel adalah upaya peningkatan pelanggan, dimana untuk mencapai tujuan tersebut memerlukan inovasi dalam pengembangan produk. Salah satunya adalah dengan melakukan pengembangan pada desain produk. Saat ini, penggunaan desain produk bagi anggota APJI belum terealisasikan secara menyelutuh, sementara tuntan perkembangan bisnis membutuhkan sentuhan pada desain sehingga dapat meningkatkan minat/selera pelanggan. Kegiatan ini menjadi salah satu wadah dalam memberikan informasi kepada mitra terkait unsur yang diperhatikan dalam mengembangkan sebuah kemasan dan berdampak terhadap minat pelanggan. Kegiatan ini didesain dalam bentuk pemberian materi, focus group discussion, dan pendampingan dalam mengembangkan desain kemasan produk. Hasil pelaksanaan kegiatan ini adalah adanya pemahaman baru bagi pengembanan desan produk dan pengetahuan alur produksi dan pendampingan bagi pelaku jasaboga kota Makassar yang berminat dalam pengembangan produk yang lebih kreatif dan inovatif.


Full Text:

PDF

References


Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya kemasan terhadap penjualan produk perusahaan. Sosio e-kons, 10(1), 20-27.

Christy, P. (2015). Pengaruh desain kemasan (packaging) pada impulsive buying. Jurnal Ekonomi Manajemen, 1-14.

Erlyana, Y. (2018, September). Analisis Peranan Desain Kemasan Terhadap Brand Identity Dari Sebuah Produk Makanan Lokal Indonesia Dengan Studi Kasus: Produk Oleh-Oleh Khas Betawi ‘Mpo Romlah’. In National Conference of Creative Industry.

Hananto, B. A. (2019). Perancangan Identitas Visual Dan Desain Kemasan Produk Makanan (Studi Kasus: Fibble). Gestalt, 1(1), 77-94.

Siregar, R. A. D. (2017). Desain Kemasan Produk UMKM Makanan Ringan Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen di Bogor.

Peraturan Pemerintah No.69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan

Utami, E. (2018). Perancangan Desain Kemasan Produk Olahan Coklat “Cokadol” Dengan Metode Quality Function Deployment. JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 5(2), 91-100.

Wahyudi, N., & Satriyono, S. (2017). Mantra kemasan juara. Elex Media Komputindo.


Article Metrics

Abstract view : 200 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.