Pelatihan Desain Pembelajaran Daring dengan Aplikasi Canva Bagi Guru Ekonomi di Kabupaten Jeneponto

Nurjannah Nurjannah(1*), Rahmatullah Rahmatullah(2), Inanna Inanna(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ekonomi Kabupaten Jeneponto. Masalahnya adalah: (1) kurangnya pengetahuan dan pemahaman guru dalam penggunaan aplikasi Canva, (2) banyaknya guru yang belum menggunakan aplikasi Canva dalam membuat dan mendesain pembelajaran daring. Sasaran eksternal adalah guru dapat menggunakan aplikasi Canva dalam mendesain pembelajaran daring. Metode yang digunakan adalah: ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pelatihan/praktek. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan dan pemahaman dalam penggunaan aplikasi Canva, (2) mitra memiliki keterampilan untuk menggunakan aplikasi Canva dalam membuat dan mendesain pembelajaran daring.

 

Kata kunci: Aplikasi Canva, Desain Pembelajaran Daring, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ekonomi


Full Text:

PDF

References


Farmawaty, Eka dkk. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Ekonomi pada SMA Negeri di Kota Makassar. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Volume 1 Nomor 2: 23-29.

Mujahidin, Firdos. 2017. Strategi Mengelola Pembelajaran Bermutu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Priyatni, Endah Tri. 2017. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahmatullah, Inanna. 2019. Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jurnal Dedikasi Masyarakat. Volume 3 No. 1: 19-25.

Rahmatullah, Inanna, Andi tenri Ampa. 2020. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Volume 12 no. 2: 317-327.

Ramli, Anwar dkk. 2019. Peran Media dalam Meningkatkan Efektifitas Belajar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar.

Yulianti, Ilham Thaief, Rahmatullah. 2019. Contextual Teaching Learning dalam Pembelajaran Ekonomi. Pinisi Business Administration Review. Volume 1 No. 2: 117-124.

Zisca, P. D., Denik Wirawati, Zultiyanti. 2020. Desain Pembelajaran Berbasis Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Muhammadiyah se-Gunungkidul. Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat. November. 237-244.


Article Metrics

Abstract view : 116 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.