Desa Aquakultur Organik

Ahmad Muhlis Nuryadi(1*), Abd Aziz Muthalib(2), Musadar Musadar(3), Murniati Murniati(4),

(1) Universitas Muhammadiyah Kendari
(2) Universitas Halu Oleo Kendari
(3) Universitas Halu Oleo Kendari
(4) Universitas Muhammadiyah Kendari
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Desa Cialam Jaya adalah desa yang memiliki yang memiliki potensi pengembangan perikanan budidaya air tawar sebagai usaha unggulan menopang kesejahteraan masyarakat.  Namun demikian, saat ini potensi tersebut belum dikelola dengan baik sehingga belum memberikan dampat manfaat  bagi kesejahteraan masyarakat. Permasalahan pengelolaan budidaya ikan yang dihadapi masyarakat  Desa Cialam Jaya adalah (1) Kolam-kolam ikan yang dimiliki masyarakat belum dikelola dengan baik; (2) Rendahnya produktivitas kolam budidaya; (3) Terbatasnya sumber perolehan bibit ikan yang berkualitas; dan (4)  Minimnya kemampuan manajemen usaha. Metode yang di gunakan untuk memecahkan permasalan dan mencapai target luaran adalah dengan memberikan pelatihan pengelolaan budidaya ikan air tawar secara organik, pelatihan manajemen usaha, manajemen poduksi, manajemen keuangan serta pemasaran. Hasil yang dicapai pada tahun pertama pelaksanaan program dari 3 (tiga) tahun yang direncanakn adalah terwujudnya perbaikan pengelolaan kolam budidaya dengan baik, kolam lebih tertata dan teratur sehingga siklus produksi dan pemeliharaan dapat sesuai dengan ketentuan budidaya yang ideal, terwujud peningkatan produktivitas, dan peningkatan efisensi. Hasil lainnya adalah telah tersediannya indukan ikan KOI yang bersertifikat sehingga mutu dan kuantitas benih ikan terkhusus ikan koi dapat terjamin.  Peningkatan jumlah aset mitra pada tahun pertama ini sebesar 20%.

 

Kata kunci: Desa Cialam Jaya, Aquaculture, Blue Economi

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Konawe Selatan. 2018. Kecamatan Konda Dalam Angka. BPS Kabupaten Konawe Selatan.

Data Monografi Desa Cialam Jaya, 2018. Data Monografi Desa Cialam Jaya Tahun 2017. Desa Cialam Jaya.

Prayitno & Amti, E. 2000. Dasar- Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Notohadiningrat dan Tejoyuwono, 1995. Revolusi Hijau dan Konservasi Tanah, Materi Diskusi Panel Pengembangan Pertanian Berwawasan Lingkungan Ditinjau dari Aspek Ilmu Pengetahuan dan Sosial Ekonomi dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Petani, Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia Wilayah Tiga, Jawa Tengah – DIY, UNS.

Nuryadi, A.M., dan M. Nur. 2014. Aplikasi Berbagai Pupuk Organik Untuk Meningkatkan Produksi dan Pendapatan Usaha Lele Dumbo. Jurnal Agi Surya. Vol. 01, No. 01 Februari 2014/ ISSN : 2355-2852.


Article Metrics

Abstract view : 263 times | PDF view : 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.