Pemanfaatan Limbah Buah dan Sayuran Sebagai Bahan Baku Pembuatan POC

Syamsiah Syamsiah(1*), A. Mushawwir Thayeb(2), A. Faridah Arsal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Permasalahan Kelompok Masyarakat Mitra adalah; 1) masyarakat belum memiliki pengetahuan mengolah limbah buah2an dan sayuran; 2) masyarakat tidak memiliki pengetahuan tentang kandungan limbah buah2an dan sayuran yang dapat dimanfaatkan; 3) kurangmya pengetahuan pentingnya menjaga dan menciptakan lingkungan bersih dan sehat; 4) masyarakat tidak merasa turut berperan serta dalam upaya menciptakan lingkungan bersih dan asri. Upaya sosialisasi dan pelatihan pengolahan limbah buah-buahan dan sayuran menjadi Pupuk Organik Cair (POC) penting dilakukan. Metode yang dilakukan berupa metode survey, ceramah, demonstrasi, dan diskusi. Hasil yang dicapai adalah : 1) Kelompok Tani Desa Sokkolia Kabupaten Gowa sebagai Mitra memiliki tambahan pengetahuan melalui kegiatan pelatihan pemanfaatan limbah buah dan sayuran untuk bahan baku POC, 2) Kelompok Tani Mitra memahami materi tentang pemanfaatan limbah buah dan sayuran untuk bahan baku POC, dan 3) Kelompok Mitra memiliki keterampilan membuat POC mulai dari pencampuran bahan sampai pada pengaplikasian POC pada tanaman.

Kata Kunci : Limbah buah dan sayuran, Pupuk Organik Cair (POC)

Full Text:

PDF

References


Bayuseno, A.P. 2009. Penerapan dan Pengujian Teknologi Anaerob Digester Untuk Pengolahan Sampah Buah-buahan dari Pasar Tradisional. Rotasi, 11 (2).

Jalaluddin, Nasrul ZA, Rizki Syafrina, 2016, Pengolahan Sampah Organik Buah-buahan Menjadi Pupuk Dengan Menggunakan Effective Microorganism, Aceh: Jurnal Teknologi Kimia Unimal.

Kirana, A.A. Pengelolaan Limbah Kulit Buah menjadi Pupuk Cair Organik (PCO) dalam rangka mengurangi jumlah limbah organik. Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret

Marjenah, W. Kustiawan, I. Nurhiftiani, K. H. M. Sembiring dan R. P. Ediyono, 2017. Pemanfaatan Limbah Kulit Buah-buahan sebagai Bahan Baku Pembuatan Pupuk Organik Cair. Ulin– J Hut Trop 1(2)

Nisa, Khalimatu, 2016. Memproduksi Kompos dan Mikro Organisme Lokal. Jakarta: Bibit Publisher.

Nur Muhammad, 2019. Analisis Potensi Limbah Buah-buahan Sebagai Pupuk Organik Cair. Seminar Nasional Teknik Industri Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 1294 times | PDF view : 187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.