Penghematan dan Penggunaan Energi Listrik Bagi Warga Kelurahan Parang Bugisi Malino

Firdaus Firdaus(1*), Sugeng A. Karim(2), Andi Imran(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Kelurahan Parang Bugisi Malino Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa. Provinsi Sulawesi Selatan. Masalahnya adalah: (1) aktivitas masyarakat lebih banyak dilakukan dirumah saat pandemic covid 19 sehingga menyebabkan peningkatan konsumsi energi listrik yang berpengaruh pada ekonomi rumah tangga,  (2) kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat dalam penghematan dan penggunaan energi listrik sehingga tidak menghemat dan kurang bijak dalam menggunakan energi listrik yang terus meningkat terutama saat pandemic covid 19, (3) Malino sering mati lampu sehingga rentang dengan kerusakan peralatan listrik. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) Mitra lebih memahami macam-macam energi listrik rumah tangga dan Mitra mengerti tarif dasar listrik per kWh untuk setiap daya yang terpasang di rumah. (2) Mitra memahami pencahayaan yang efisien untuk ruangan-ruangan tertentu, misalnya ruang kamar, ruang tamu, dapur, kamar mandi, dan lain sebagainya. (3) Mitra mengetahui cara mengukur energi listrik menggunakan kWh meter mitra juga mengetahui biaya listrik yang dibayarkan untuk pemakaian energi listrik dalam sekian jam. (4) Upaya alternatif untuk menghemat energi dengan cara mengganti lampu daya tinggi dengan daya lebih rendah intensitas penerangan sama. (5) Biaya pengeluaran masyarakat untuk membayar tagihan listrik menjadi lebih ringan dan masyarakat lebih memahami cara menghemat penggunaan energi listrik. (6) mengetahui cara pemanfaatan energi terbarukan sebagai energi listik

 

Kata kunci: penghematan energi listrik, energi terbarukan


Full Text:

PDF

References


Arif Dwi Santoso dan Muhammad Agus Salim, 2019. Penghematan Listrik Rumah Tangga dalam Menunjang Kestabilan Energi Nasional dan Kelestarian Lingkungan. Jurnal Teknologi Lingkungan Vol. 20, No. 2, Juli 2019, 263-270.

Banu Santoso (2014). Pemodelan monitoring pemakaian dan penghematan energi Listrik dengan teknologi jaringan sensor nirkabel. Proseeding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi.

BPPT (2018). Indonesia Energi Outlook 2018.Pusat Pengkajian Industri Proses dan Energi.Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral. (2017). Capaian 2017 dan Outlook 2018 Subsektor Ketenagalistrikan dan EBTKE.

SNI, 2000, ‘Konservasi Energi Pada Sistem Pencahayaan’, Badan Standardisasi Nasional.

SNI, 2011, “Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL) 2011” Badan Standardisasi Nasional


Article Metrics

Abstract view : 454 times | PDF view : 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.