Media Infografis Berbasis Konteks dan Strategi Pembelajaran Matematika Realistik Bagi Guru Matematika Tingkat SMP

Nasrullah Nasrullah(1*), Hamda Hamda(2), Muhammad Dinar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah MGMP Matematika Kabupaten Bantaeng. Adapun permasalahan yang dihadapi adalah 1) Guru belum memaksimalkan kegiatan pembelajaran yang mengembangkan kemampuan literasi matematika 2) Guru belum maksimal memanfaatkan media dan strategi yang mendukung kemampuan literasi matematika dalam kegiatan pembelajaran. Untuk implementasinya, peserta dilibatkan dalam kegiatan pelatihan yang pelaksanaannya meliputi sajian materi dan kegiatan praktek. Dalam penyajian materi peserta diberikan materi-materi mengenai konsep media infografis berbasis konteks dan strategi pembelajaran matematika realistik. Pada bagian kegiatan praktikum peserta melakukan kegiatan praktek penyusunan infografis menggunakan Wondershare Edrawmax dan pengembangan konteks pembelajaran terpadu strategi pembelajaran Matematika Realistik. Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan, peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat mereka dengan kegiatan ini media infografis berbasis konteks dan Strategi Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar peserta pelatihan beranggapan bahwa media infografis berbasis konteks dan pembelajaran matematika realistik mudah dikembangkan, bermanfaat, dan mendukung pemenuhan aspek kognitif, sikap dan psikomotorik.

 

Kata kunci: Media Infografis, Konteks, Strategi Pembelajaran Matematika Realistik


Full Text:

PDF

References


Alimuddin, Ruslan, Nasrullah. 2019. Do Scientific Learning and Problem-solving Develop Mathematics Students’ Creativity? Proceedings of the 1st International Conference on Advanced Multidisciplinary Research (ICAMR 2018), ISBN: 978-94-6252-706-5, DOI: https://doi.org/icamr-18.2019.3

Aldila, T. H., Musadad, A. A., & Susanto, S. (2019). Infografis sebagai Media Alternatif dalam Pembelajaran Sejarah bagi Siswa SMA. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 5(01), 141–152. https://doi.org/10.33633/andharupa.v5i01.2104

Amirullah, & Nasrullah. (2018a). Penggunaan Tarser dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan dan Pengurangan pada Bilangan Bulat Tingkat SMP. Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 114–119. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v9i2.13351

Amirullah, & Nasrullah. (2018b). Penggunaan Tarser dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan dan Pengurangan pada Bilangan Bulat Tingkat SMP. Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 114–119.

Mansur, Hamsi, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Developing Infographical Media i n Learning To Increase The Students ’ Interest. 4(1), 37–48.

Mulbar, U., & Nasrullah. (2016). Applying SARAC Approach and The Effect in Learning Mathematics For Students Grade VIII. October, 325–331.

Mulbar, U., & Nasrullah. (2014). Learning From Misconception To Re-Educate Students In Solving Problems of Mathematics. 152–159.

Mulbar, U., Purnamawati, & Nasrullah. (2017). Students ’ Mathematical Connection Based on Levels of Mathematical Abilities : 149(Icest), 172–174.

Nasrullah. (2015). Using Daily Problems to Measure Math Literacy and Characterise Mathematical Abilities for Students in South Sulawesi. Proceeding of International Conference on Mathematics, Statistics, Computer Sciences, and Mathematics Education (ICMSCSME) 2015 ISBN 978-602-72198-2-3, 211–218.

Nasrullah, Alimuddin, & Talib, A. (2021). Using HTML-Based Worksheet to Support Students in Active Mathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1899(1), 012165. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1899/1/012165

Nasrullah, & Baharman. (2018). Exploring Practical Responses of M3LC for Learning Literacy. Journal of Physics: Conference Series, 954(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/954/1/012007

Nasrullah, N., & Bachtiar, M. Y. (2021). Inovasi Pembelajaran Daring dan Dampak Bagi PAUD Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1007–1019. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1411

Nasrullah, N., Sanusi, W., & Abdy, M. (2020). MPM Berbasis Konteks dan Strategi Pembelajaran Matematika Realistik Bagi Guru Matematika Tingkat SMP. Dedikasi, 22(2), 187–191. https://doi.org/10.26858/dedikasi.v22i2.16137

Nasrullah, Upu, H., & Syahrullah. (2017). MODEL PEMBELAJARAN STTP BAGI MAHASISWA DALAM PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS eXeLearning. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 112–120.

Pemu, N., Ahmad, A., & Tajuddin, J. (2020). Using GeoMaSchool To Link Between Creativity and Performance for Students In Higher Education. https://doi.org/10.4108/eai.12-10-2019.2296536

Umami, M. R., Utomo, S. B., & Ashadi, A. (2016). Pengaruh media infografis dan poster pada pembelajaran joyful learning terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari kemampuan logika pada materi pokok …. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(3), 9–17. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/8491


Article Metrics

Abstract view : 202 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.