Robot Pengaduk Gabah Kering Panen dalam Meningkatkan Efektifitas Pengeringan Padi Pasca Panen

Purnamawati Purnamawati(1*), Muhammad Akil(2), Nuridayanti Nuridayanti(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pertanian merupakan salah satu sektor ekonomi yang paling banyak ditekuni oleh masyarakat Kabupaten Gowa, khususnya pada Kecamatan Bajeng Desa Lempangang. Kegiatan rutin petani pasca panen padi adalah melakukan pengeringan gabah secara manual di lahan kosong dekat rumah atau di lapangan. Permasalahan yang muncul dilapangan adalah (1) pengeringan gabah yang dilakukan merupakan pekerjaan yang berat karena petani harus membolak-balikkan gabah yang terhampar di atas lahan lapang setiap jamnya dan membutuhkan banyak tenaga karena dilakukan di bawah terik matahari, (2) kurangnya pemahaman petani terhadap teknologi yang sehingga kegiatan pengeringan masih sepenuhnya dilaksanakan secara konvensional. Sasaran dari kegiatan Program kemitraan Masyarakat (PkM) ini adalah Kelompok Tani Desa Lempangang Kec. Bajeng Kab. Gowa. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) robot pengaduk gabah saat pengeringan yang dapat dikontrol dari jarak jauh dengan menggunakan remot kontrol, (2) Partisipasi aktif dalam kegiatan mencapai 100% mitra mengikuti kegiatan secara penuh waktu. Sehingga mitra memiliki pengetahuan tentang teknologi yang dapat mempermudah proses pengeringan gabah konvensional dan dapat menerapkan teknologi robot pengering gabah sehingga mampu mengefektifkan pengeringan padi pasca panen, (3) Respon mitra sangat tinggi mencapai 92% terkait kebermanfaatan kegiatan PkM Robot Pengaduk Gabah.

 

Kata kunci: Robot Pengaduk, Gabah, Pengeringan, Kualitas, Padi


Full Text:

PDF

References


Figiarto, Rohmat. Dkk (2012). Peningkatan Kualitas Gabah dengan Proses Pengeringan Menggunakan Zeolit Alam pada Unggun Terfluidisasi. Jurnal Teknologi Kimia dan Industri, Vol. 1, No. 1, Halaman 206-212.

Faraby, MD, dkk (2017). Rancang Bangun Robot Pembersih Lantai Berbasis Arduino. Jurnal Teknologi Terpadu. Vol. 5 No. 1.

Panggabean, Tamaria dkk (2017). Kinerja Pengeringan Gabah Menggunakan Alat Pengering Tipe Rak dengan Energi Surya, Biomassa, dan Kombinasi. AGRITECH, Vol. 37, No. 2, Hal. 229-235. DOI: http://doi.org/10.22146/agritech.25989.

Wahrini, dkk (2020). Rancang Bangun Smart Assistant lengan Robot Penghapus Papan Tulis. Jurnal Edukasi Elektro, Vol.4 No.2. Halaman 165-170. DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v4i2.35188.

Yuliza, dkk (2015). Robot Pembersih Lantai Berbasis Arduino Uno dengan Sensor Ultrasonik. Jurnal Teknologi Elektro, Universitas Mercu Buana. Vol.6 No.3. Halaman 136-143


Article Metrics

Abstract view : 283 times | PDF view : 202 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.