Pelatihan Pembuatan Proposal PTK bagi Guru SMPN 4 SATAP Bungoro Pangkep

Asriati Asriati(1*), Abdullah Abdullah(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan, dan skill guru-guru SMPN 4 SATAP Bungoro dalam menulis dan menyusun karya ilmiah dalam bentuk penulisan proposal PTK. Kegiatan ini dilaksanakan selama seminggu dengan menggunakan metode kuliah, tanya jawab, diskusi, praktek penyusunan proposal PTK, dan tugas mandiri. Pada akhir kegiatan ini, sebuah evaluasi dilaksanakan oleh tim sebagai bagian untuk menentukan kesuksesan peserta dalam kegiatan ini. Hasil evaluasi kegiatan ini menunjukkan bahwa 80% peserta sukses dalam menulis draft proposal penelitian. Dengan kata lain, ada peningkatan pengetahuan dan skill serta motivasi yang tinggi dari peserta dalam menyiapkan proposal PTK. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini telah terlaksana dengan baik. Kata Kunci: Karya ilmiah, Proposal PTK, Guru

Full Text:

PDF

References


Ary, D. Jacobs, L.C, Sorensen, C.K. (2010). Introduction to Research in Education (8th ed). Wadsworth Cengage Learning.

Bailey, S. (2011). A Handbook for International Students (3rd ed). Routledge.

Cohen, L. Manion, L. Morrison, K. (2018). Research Methods in Education (8th ed). Routledge.

Creswell, J.W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed). Pearson Education.

McCormack, J & Slaght, J. (2012). Extended Writing & Research Skills Course Book. Garnet Education Ltd.

McIntosh, P. (2010). Action Research and Reflective Practice: Creative and Visual Methods to Facilitate Reflection and Learning. Routledge.

Phillips, D.K. & Carr, K. (2014). Becoming A Teacher through Action Research: Process, Context, and Self-Study (3rd ed). Routledge.


Article Metrics

Abstract view : 84 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.