Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah sebagai Implementasi Pengembangan Kompetensi Profesi Guru

Andi Muhammad Akram Mukhlis(1*), Anita Candra Dewi(2), Nurul Mukhlisah Abdal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah SMP Negeri 3 Patallassang, Kabupaten Gowa. Permasalahan spesifik yang berhasil diidentifikasi bersama oleh Tim Pengusul dengan para guru peserta sosialisasi adalah (1) para guru belum mampu melakukan ragam kegiatan mengembangkan profesi, khususnya dalam penulisan karya tulis ilmiah (KTI) hasil penelitian tindakan kelas (PTK), (2) para guru perlu memperoleh pembinaan dari pihak yang kompeten dalam melakukan PTK di kelas yang dibinanya, (3) para guru perlu memperoleh pembinaan dari pihak yang kompeten dalam menyusun artikel jurnal ilmiah hasil kegiatan PTK. Metode pelaksanaan kegiatan ini berupa pelatihan yang dimulai dengan tahapan persiapan kemudian tahap pelaksanaan. Dalam melaksanakan kegiatan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah ini, terdapat beberapa metode yang digunakan, yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode latihan. Kegiatan ini diikuti oleh 26 guru SMPN 3 Pattallassang Kabupaten Gowa sebagai peserta. Hasil pelaksanaan kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru SMPN 3 Pattallassang, Kabupaten Gowa ini dapat dikatakan memuaskan dan berhasil sesuai rencana. Hal ini dapat dilihat dari kesesuaian antara perencanaan dengan pelaksanaan, jumlah kehadiran peserta dalam setiap sesi materi, serta berdasarkan wawancara langsung dengan peserta. Kegiatan ini juga telah mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan motivasi para guru untuk menulis artikel jurnal hasil penelitian.

 

Kata kunci: pelatihan, karya tulis ilmiah, kompetensi, profesi, guru


Full Text:

PDF

References


Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan profesi guru dalam meningkatkan kinerja guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 93-101.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Soewarni, E. (2004). Kebijakan Pedoman Pengembangan Profesi. Jakarta: Rajawali Press.

Widoyoko, E. P. (2004). Penelitian tindakan kelas dan pengembangan profesi guru. In Disajikan dalam Seminar Nasional Peningkatan Kualitas Profesi Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Muhammadiyah Purworejo (Vol. 14).


Article Metrics

Abstract view : 89 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.