Pelatihan Penyusunan Proposal Pembiayaan ke Lembaga Keuangan pada Komunitas Rajut di Kelurahan Patappang Tinggi Moncong Kabupaten Gowa

Samirah Dunakhir(1*), Nur Afiah(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini dilaksanakan di Kelurahan Pattapang, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa. Mitra kegiatan adalah ibu-ibu dari Komunitas Rajut Pattapang. Permasalahnya adalah: (1) Kurangnya kemampuan dan pengalaman dalam menyusun proposal pembiayaan usaha ke lembaga keuangan, (2) Terbatasnya akses perbankan hingga ke pelosok untuk menjangkau komunitas usaha-usaha kreatif, dan (3) potensi usaha yang sangat menjanjikan namun tidak didukung oleh ketersediaan modal usaha. Sasaran eksternal adalah produk-produk hasil kerajinan dan usaha khas daerah yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi produk komersil yang bernilai ekonomi tinggi. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan pendampingan mitra. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan dalam menyusun proposal permohonan pembiayaan kepada lembaga-lembaga keuangan, (2) mitra memiliki pengetahuan tentang langkah-langkah dalam mengakses pembiayaan dari perbankan dan lembaga keuangan lain, (3) mitra memiliki kemampuan untuk memilah lembaga keuangan yang kridibel dan aman untuk pengajuan pembiayaan.

 

Kata kunci: komunitas rajut, proposal pembiayaan, pemberdayaan


Full Text:

PDF

References


Consuegra, Octavia Ibarra. 2006, own labels in the united kingdom : A Source of competetive advantage in real business. Pensamiento & Gestion. Universidad del norte, Barranquila Colombia. No.21,pp.114-161

Swasta dan Irawan 2002. Manjemen pemasaran modern.edisi ketiga.Yogyakarta: Liberty

Tjiptono, Fandy.2001.Strategi pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy, 2005. Pemasaran Jasa, Edisi pertama, cetakan pertama, Bayu media Publishing, Malang.

Kotler, Philip. 1997. Manejemen pemasaran: analisi, Perencanaan,implementasi, dan kontrol. Diterjemahkan oleh : Hendra teguh. SE, AK. Dan Ronny A., Rusli,SE, Ak,.jilid 1 Edisi kesembilan. Jakarta: PT perhalindo.

Kotler,Philip & Garry Amstrong. 2001 prinsip-prinsip pemasaran jilid 1. Jakarta: Erlangga


Article Metrics

Abstract view : 139 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.