Bimbingan Pelaksanaan Fardhu Kifayah Pada Jenazah

Muhammadong Muhammadong(1*), Lukman Lukman(2), Susiwati Susiwati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Kematian murupakan aksioma yang tidak bisa dibantah karena merupakan ketentuan Allah swt. Manusia dituntut untuk beriman kepada Allah swt agar dapat mempersiapkan diri menghadapi kematian. Pelatihan yang dilakukan oleh tim pengabdi UNM bertujuan agar dapat memberi pemahaman kepada masyarakat sehingga pelaksanaan fardhu kifayah tersebut dapat dijalankan dengan baik. Metode yang digunakan dengan cara ceramah dan praktek agar peserta dapat memahami secara langsung. PKM ini hendak memberi pelajaran kepada peserta akan urgensi nilai humanisme dapat diimplementasikan di masyarakat sebagai perwujudan perintah dalam agama sekalipun status hukumnya hanya fardhu kifayat,yaitu gugurnya kewajiban secara person karena kewajiban kolektif sudah dijalankan. Peserta PKM dilaksanaan pada jamaah majelis taklim masjid Ulil Amri Kecamatan Manggala Kota Makassar sangat antusiasme mengikuti kegiatan karena menganggap pelatiahn tersebut sebagai sarana menambah wawasan keagamaan sehingga dapat di praktekkan di masyarakat

Full Text:

PDF

References


Ahmad al-Qadhi Syekh Abdurrahman bin, 2004. Kehidupan Sebelum dan Sesudah Kematian, diterjemahkan dari Buku daqiqul Akhbar, Jakarta: PT Ma’at Syaraf.

Al-Juzairi, Abdurrahman, 1996. Fiqhi Empat Mazhab, Jakarta: PT Darul Ulum.

Mufid Achmad AR, 2007. Risalah Kematian: Merawat Jenazah, Tahlil, Tasawuf Ta’ziyah dan Ziarah Kubur, Jogjakarta: Total Media.

Nashiruddin Muhammad Al-Bani, 2010. Ringkasan Shahih Muslim. Jakarta: Pustaka as-Sunnah.

Sabiq, Sayyid. Fiqhi Sunnah 4 Mazhab: PT. al-Ma’ari, 1981.

Sayyid Muhammad Ahmad al-Muyassar, 2009. Buku Pintar Alam Gaib. Jakarta: Zaman.

Shihab, Quraish, 1996. Wawasan Al-Qur’an: Tafsir maudh’I atas Pelbagai Persoalan Umat.|Bandung: Mizan.


Article Metrics

Abstract view : 200 times | PDF view : 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.