Terapi Bermain Sebagai Solusi Trauma Healing Pada Anak di Kawasan Bencana Pasca Gempa

Nur Akmal(1*), Widyastuti Widyastuti(2), Muh. Riyadh Ma’arif(3), Annisa Asy Syam A.(4), Nur Arrad Tenri Gangka(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Masyarakat terkhsusunya anak-anak yang berada dalam wilayah bencana gempa bumi di Sulawesi Barat. Masalahnya ialah Anak-anak yang berada daerah bencana sangat perlu untuk diperhatikan mengingat kondisi psikologis yang masih membutuhkan pendamping untuk dapat berkembang secara psikologis. Program ini terdiri kegiatan yaitu healing dan recovery. Dalam penerapan healing dan recovery terdiri dari beberapa kegiatan yaitu, sesi saling kenal, bermain puzzle, bermain borgol-borgolan, bermain peran, dan refleksi. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini: setiap permainan yang diberikan memiliki indikator pencapaian dimana anak dilatih untuk dapat meningkatkan kepercayaan diri, melatih kerjasama, berfikir kritis dan kreatif, menyelesaikan permasalahan, belajar memaknai sesuatu.

 

Kata kunci: Terapi bermain, Anak-anak, Gempa Bumi.

 


Full Text:

PDF

References


Darmiany., Rosyidah, A.N.K., Karma, I.N., Witono, H. (2019). PGSD untuk Negeri: terapi bermain sebagai bentuk trauma healing bagi anak-anak korban gempa Lombok. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. Vol 2. No.2 Mei 2019.

Hurlock. (1978). Perkembangan Anak. Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Handajani, D. O., & Yunita, N. (2019). Apakah Ada Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Yang Mengalami Hospitalisasi Di Rs Bhakti Rahayu Surabaya. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 7(3), 198-204.

Hatta, K. (2016). Trauma dan pemulihannya: suatu kajian berdasarkan kasus pasca konflik dan Tsunami. Dakwah Ar-Raniry Press.

Khasanah, U. A., Livana, P. H., & Indrayati, N. (2019). Hubungan Perkembangan Psikososial dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 2(3), 157-162.

Oktaviyani, R. D., & Suri, O. I. (2019). Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah. Jurnal Kesehatan, 10(2).

Wijayati, N. (2016). Pengunaan Metode Bermain Peran Dalam Mengurangi Perilaku Agresifitas Anak TK Desa Sewulan Tahun Ajaran 2015/2016. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2).


Article Metrics

Abstract view : 618 times | PDF view : 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.