PKM Pelatihan Penetapan Harga Jual Produk Pada Komunitas Rajut di Kelurahan Patappang Tinggi Moncong Kabupaten Gowa

Mukhammad Idrus(1*), Azwar Anwar(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini dilaksanakan di Kelurahan Pattapang, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa. Mitra kegiatan adalah ibu-ibu dari Komunitas Rajut Pattapang. Permasalahnya adalah: (1) terbatasnya ilmu manajemen bagi para ibu rumah tangga, (2) kurangnya kemampuan untuk menetapkan harga jual produk sesuai dengan praktik bisnis yang baik, (3) prospek usaha yang sangat menjanjikan, namun keuntungan tidak maksimal karena harga jual yang belum sesuai. Sasaran eksternal adalah produk-produk hasil kerajinan dan usaha khas daerah yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi produk komersil yang bernilai ekonomi tinggi. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan pendampingan mitra. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan dalam ilmu manajemen dasar dalam rangka menjalankan bisnis usaha kerajinan rajut, (2) mitra memiliki keterampilan dalam menetapkan harga jual produk kerajinan rajut khas daerah, (3) mitra memiliki kemampuan untuk meningkatkan keuntungan dari hasil penjualan kerajinan.

 

Kata kunci: komunitas rajut, penetapan harga jual, pemberdayaan


Full Text:

PDF

References


Alma, Buhari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi Ke-13. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Suharto, E. (2005). How Informal Enterprises Coped with the Asian Economic Crisis: The Case of Pedagang Kakilima in Bandung, Indonesia. In Asian Futures, Asian Traditions: Brill., 243–264.

Syachbrani, W., & Bahrun. (2020). ANALISIS PROSPEK PENGEMBANGAN KUNJUNGAN WISATA PANTAI KABUPATEN TAKALAR. Jurnali Ilmiah Ecosystem, 20(3), 122–131.


Article Metrics

Abstract view : 98 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.