Penguatan Karakter Peserta Didik dalam Mencegah Perilaku Cyber Bullying

Muhammad Asriadi(1*), Masni Masni(2), Asriati Asriati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Bosowa
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Kegiatan PKM ini dilaksanakan di SMPN 4 Satap Bungoro, Desa Tabo-tabo, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Masalahnya adalah: 1) Kurangnya pengetahuan oleh peserta didik dalam bermedia social terkait perilaku-perilaku menyimpang yang dapat terjadi dalam bermedia social, 2) Kurangnya pengetahuan peserta didik dalam mengolah informasi yang ditemukan di media social sehingga rentan terhadap perilaku cyber bullying, 3) Kurangnya pemahaman yang komprehensif terkait bahaya yang ditimbulkan oleh perilaku cyber bullying, 4) Kurangnya pengetahuan terkait aturan yang mengatur tentang cybercrime khususnya yang terkait dengan perilaku cyber bullying. Sasaran dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah Peserta Didik Kelas VIII sebagai pengguna aktif media sosial terlebih dalam situasi pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi dan pendampingan. Hasil yang dicapai adalah: 1) Peserta Didik menjadi paham tentang perilaku-perilaku negative dalam bermedia sosial baik dalam lingkungan sekolah lewat group-group sekolah hingga secara umum melalui platform yang lazim digunakan dalam berkomunikasi banyak orang, 2) Peserta Didik memiliki pemahaman terkait perilaku negatif cyber bullying yang marak dilakukan pada rentan usia remaja termasuk di usia Peserta Didik saat ini, 3) Peserta Didik mulai sadar akan tanggung jawab mereka dalam melakukan aktivitas sehari-hari melalui komunikasi via media sosial dengan pemahaman yang didapatkan tentang aturan yang mengatur tentang cyber bullying serta deskripsi yang komprehensif melalui naskah akademik dari aturan tersebut, 4) Peserta Didik memahami terkait kiat-kiat dalam mencegah tindakan cyber bullying serta Langkah-langkah yang ditempuh jika merasa telah menjadi korban tindakan cyber bullying sehingga hal ini dengan sendirinya akan menciptakan adanya kemampuan untuk mengontrol diri dari rutinitas dalam melakukan aktivitas baik akademik maupun non akademik melalui media sosial dari Peserta Didik secara pribadi.

Kata Kunci: Cybercrime, Cyber Bullying, Peserta Didik, Media Sosial

Full Text:

PDF

References


Besley, B. (2012). Cyber bullying. Diakses dari http://www.cyber-bullying.org/ (Diunduh 26 Desember 2020)

Center for Disease Control (2015). Understanding cyber bullying: Fact Sheet. Diakses dari http://www.cdc.gov/violenceprevention/pdf/bullying_factsheet.pdf. (Diunduh pada tanggal 24 Desember 2020)

Coloroso, B. (2006). Penindas, Tertindas, Dan Penonton; Resep Memutus Rantai Kekerasan Anak Dari Prasekolah Hingga SMU. Jakarta: Serambi Ilmu Pustaka.

Griezel, L., Craven, R.G., Yeung, A.S., & Finger, L.R. (2008). The development of a multidimensional measure of cyber bullying. Brisbane: Australian Association for Research in Education.

Hinduja, S. & Patchin, J. W. (2010). Bullying, Cyber bullying, and Suicide. Archives of Suicide Research, 14(3), 206-221.

Infografis Pornografi dan cyber crime. (2020).https://www.kpai.go.id/publikasi/infografis/update-data-infografis-kpai-per-31-08-2020

Kowalski, R.M., & Limber, S.P. (2013). Psychological, Physical, and Academic Correlates of Cyber bullying and Traditional Bullying. Journal of Adolescent Health. 53, S13-S20.

Mcvean, M. (2017). Physical, verbal, relational and cyber-bullying and victimization: examining the social and emotional adjustment of participants (Dissertation). University of South Florida, USA.

Napitupulu, E.L. (2012). Kekerasan di Dunia Maya Mengancam Anak-anak. Berita. (Diunduh tanggal 24 Desember 2020)

Unicef Indonesia (2020), Cyber bullying: Apa itu dan bagaimana menghentikannya. Di unduh tanggal 23 februari 2020 dari https://www.unicef.org/indonesia/id/child-protection/apa-itu-cyber bullying

Wang, J., Iannotti, R.J., & Nansel, T.R. (2009). School bullying among adolescents in United States: physical, verbal, relational, and cyber. Journal of Adolescent Health. 45 (368-375)


Article Metrics

Abstract view : 233 times | PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.