Bahan Ajar Seni Rupa Lokal untuk Mapel Seni-Budaya SMP di Kabupaten Gowa

Tangsi Tangsi(1*), Sofyan Salam(2), Alimuddin Alimuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak, Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang bermitra dengan kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Seni-Budaya Sekolah Menengah Pertama (SMP) Wilayah 2 Kabupaten Gowa. Masalahnya adalah: (1) kurangnya pengetahuan dan kesadaran guru-guru tentang pentingnya bahan ajar seni rupa lokal untuk diajarkan di SMP Kabupaten Gowa, (2) kurangnya keterampilan guru-guru menulis bahan ajar seni rupa lokal di SMP Kabupaten Gowa, dan (3) tidak tersedianya bahan ajar seni rupa lokal untuk diajarkan dalam Mata Pelajaran Seni Budaya khususnya Bidang Kesenirupaan di SMP Kabupaten Gowa. Secara eksternal sasarannya adalah bahan ajar seni rupa lokal yang disiapkan untuk Mata Pembelajaran Seni Budaya (bidang Seni Rupa) di SMP Kabupaten Gowa. Metode yang digunakan adalah: ceramah, tanya-jawab, diskusi, pemberian tugas dan pendampingan. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan dan motivasi untuk menulis bahan ajar seni rupa lokal, (2) mitra memiliki keterampilan untuk menulis bahan ajar seni rupa lokal, dan (3) tersedia bahan ajar kepada yang siap saji untuk pembelajaran materi seni rupa lokal dalam Mata Pelajaran Seni Budaya khususnya Bidang Seni Rupa di sekolah-sekolah SMP Kabupaten Gowa.

Kata kunci: bahan ajar, seni rupa lokal, mata pelajaran, menulis

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, Salam S., Tangsi. 2020. “Seni Rupa Lokal Sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Seni Budaya di Sekolah Kabupaten Pangkep”. Prosidin: Seminar Nasional (SEMNAS 2020) Hasil-hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LP2M Univ. Negeri Makassar https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/issue/ view/1245

Jazuli, M. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Semarang: Unesa University Press.

Harianti, D. 2007. Kajian Kebijakan Kurikulum Seni Budaya. Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Rencana Strategis Kementeria Pendidikan dan Kebudayaan 2015-2019. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 79 Tahun 2014 Tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013.

Rohidi, T.R. 2016. Pendidikan Seni: Isu dan Paradigma, Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Salam, Sofyan. 2015. “Pendidikan Seni Rupa Budaya Visual (CCAE) Sebagai Tren Mutakhir Pendidikan Seni Rupa Internasional: Haruskah Kita Ikut dan Kemudian Turut Berubah”. Dalam Revolusi Mental Melalui Pendidikan Seni. Prosiding: ISBN:978-602-6883-04-9. Halaman 1–7. Makassar: Seminar Nasional Pendidikan Seni FSD UNM.

Suyanto, B. 2011. “Krisis Identitas Generasi Muda Kita” Online: http://edukasi.kompas .com/read/2011/03/08/20524658. Diakses: 16 Desember 2017.

Tangsi. Salam S., & Jamilah. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Muatan Lokal Berbasis Seni Rupa Lokal Untuk Sekolah Menengah Pertama.” Hasil Penelitian. Tidak diterbitkan. Makassar: Lembaga Penelitian UNM.

Tangsi. Salam S., & Alimuddin C. 2019. Prosiding: “Pelatihan Penulisan Bahan Ajar Seni Rupa Lokal Bagi Guru Seni Budaya Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Takalar”. Prosidin: Seminar Nasional, Hasil-hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, LP2M Universitas Negeri Makassar ISBN. 978-623-7496-01-4.


Article Metrics

Abstract view : 120 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.