Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva Bagi Mahasiswa Teknik mesin FT UNM

A. Ramli Rasyid(1*), Andi Muhammad Irfan(2), Ismail Aqsa(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FT UNM. Masalahnya adalah: (1) rendahnya pengetahuan tentang media pembelajaran interaktif, (2) kurang terampil dalam memanfatkan teknologi informasi dalam membuat dan merancang media pembelajaran interaktif (3) kurang kreatif dalam pemilihan dan penggunaan platform atau software media pembelajaran (4) keterbatasan pengalaman dalam pembuatan media pembelajaran interaktif dan (5) tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam memanfaatkan media teknologi khususnya platform canva. . Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang media pembelajaran interaktif (2) mitra sangat terampil memanfatkan teknnologi informasi dalam membuat dan merancang media pembelajaran interaktif (3) mitra sangat kreatif dalam pemilihan dan penggunaan platform atau software media pembelajaran, (4) mitra memiliki pengalaman yang baik dalam pembuatan media pembelajaran interaktif. dan (5) mitra memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam penggunaan platform canva.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Platform Canva.

Full Text:

PDF

References


Boholano, H. (2017). "Smart social networking: 21st Century teaching and learning skills". Research in Pedagogy, 7(2), 21–29.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta.

Isman, A. (2011). "Instructional Design In Education: New Model". TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 10(1), 136–142.

Mahnun, N. (2012). "Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran)". An-Nida’, 37(1), 27–34.

Reiser, R. A., & Dick, W. (1996)."Instructional planning: A guide for teachers". Allyn and Bacon.

Rokhayani, A., Ririn, A., & Utari, P. (2014). "the Use of Comic Strips As an English Teaching Media for Junior High School Students. Language Circle". Journal of Language and Literature, 8(2), 143–149.

Wina Sanjaya. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

West, R. E., Thomas, R. A., Bodily, R., Wright, C., & Borup, J. (2016). "An analysis of instructional design and technology departments". Educational Technology Research and Development, 65(4), 869–888.

Zainal Muttaqien. (2011). Pemanfaatan Blog sebagai Media dan Sumber Belajar Alternatif Qur’an Hadits Tingkat Madrasah Aliyah. Artikel Ilmiah. Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.


Article Metrics

Abstract view : 204 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.