Pelatihan Pengolahan Rumput Laut Tadui untuk Mendukung Pengembangan Produk Pangan Mamuju

Nurul Ikra(1*), Mutahharah Hasyim(2), Nia Anriyani(3), Muhammad Taqwin(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Desa Tadui merupakan salah satu Desa di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat yang memiliki potensi rumput laut yang cukup melimpah. Dari 4.233,6 Ha lahan rumput laut tersebar diseluruh penjuru Mamuju 100 Ha diantaranya terletak di desa Tadui. Dengan melihat potensi yang ada, sebaiknya masyarakat sekitar  memanfaatkan tanaman tersebut tidak hanya menjualnya dalam bentuk mentah/kering saja. Untuk mengatasi hal tersebut, maka Tim  menawarkan solusi berupa Pelatihan Pengolahan Rumput Laut Tadui untuk Mendukung Pengembangan Produk Pangan Mamuju. Tujuan dari kegiatan tersebut ialah Memberikan pengetahuan kepada masyarakat pentingnya memanfaatkan potensi dan sumber daya yang ada disekitarnya, serta memberikan pengetahuan kepada masyarakat cara mengolah rumput laut menjadi produk pangan khas daerah. Metode dan hasil kegiatan diantaranya: Diskusi tim, kegiatan dimulai dari tahap Survei Lokasi, Pengambilan Dokumentasi, Identifikasi Profil Usaha, Verifikasi Produk Pelatihan, serta Pelatihan. Tahap Survey Lokasi, Kegiatan dilaksanakan di Desa Tadui dan menjadikan Kelompok Melati sebagai mitra tim. Tahap  pengambilan dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan data-data yang sudah ada dilapangan. Tahap Identifikasi Profil usaha dilakukan untuk mengetahui tentang profil usaha mitra. Tahap Verifikasi produk, tim memutuskan untuk melatihkan pembuatan brownies, bakso, serta kerupuk berbahan dasar rumput laut. Tahap Pelatihan, mitra berhasil membuat olahan pangan rumput laut. Berdasarkan tujuan dapat ditarik kesimpulan bahwa masyarakat dapat lebih bertambah kesadarannya akan pentingnya menjaga dan melestarikan rumput laut yang ada di daerahnya. Selain itu, masyarakat dapat lebih berinovasi dalam membuat suatu produk pangan berbahan dasar Rumput laut khususnya produk pangan khas daerah.

Kata-kata Kunci: Rumput Laut, Tadui

Full Text:

PDF

References


Agusman, Siti NKA, Murdina, 2014. Penggunaan Tepung Rumput LautEucheuma Cottonii Pada Pembuatan Beras Analog dari Tepung Modified Cassava Flour (Mocaf). JPB Perikanan. 9(1) : 3-4.

Anton. 2015. Pertumbuhan dan Kandungan Karaginan Rumput Laut (Eucheuma) pada Spesies yang Berbeda. Jurnal Airaha.5(2):102–109.

Faisal Hanafi M.2017. Harga Rumput Laut di Mamuju Turun. Mamuju: http:Makassar.antaranews.com/berita/80664/harga-rumput-laut-di-mamuju-turun. Diakses tanggal 28 September 2019

Kementrian Kelautan dan Perikanan. 2018. PRODUKTIVITAS PERIKANAN INDONESIA . Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Jakarta

Nurhadi.2017.20 Kelompok Tani di Mamuju Terima 48 Ton Bibit Rumput Laut. Mamuju. http://mamujukab.go.id/20-kelompok-tani-terima-48-ton-bibit-rumput-laut/( 28 September 2019).

Priatni A, Fauziati. 2015. Karakterisasi Sifat Fisik Kimia dan Deskriptif Nori dari Rumput Laut Jenis Eucheuma Cotttoni. Jurnal Riset Teknologi Industri. 9 (2): 104-105.

Sholiha Illiyatus.2019.Pengolahan Rumput Laut (Eucheuma Cottoni) Menjadi Dawet Rumput Laut. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya. 6(1):2.

Sukmadewi Wibowo Larasati. 2015. Analisis Kelayakan Usaha Pembuatan Mie Rumput Laut (Eucheuma Cottonii) Studi Kasus di Desa Tihengo Kabupaten Ponelo Kepulauan, Gorontalo Utara. 1: 49-51.


Article Metrics

Abstract view : 301 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.