Bimbingan Pengembangan E-Book Berbasis Multimedia untuk Keperluan Pembelajaran

Abd. Haling(1*), Erma Suryani(2), Syamsuriani E(3), Muh. Taufik(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak, Kegiatan PKM ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: memberi pemahaman guru mengembangkan e-book sebagai sumber belajar, memberikan bimbingan mengembangkan e-book, mensosialisasikan pentingnya e-book untuk berbasis multimedia untuk keperluan guru dalam meramu bahan ajar yang dapat menarik minat dan semangat belajar peserta didik, dan menghasilan e-book untuk kepentingan pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan hasil analisis situasi bahwa guru pada umumnya masih dominan menggunakan buku cetak sebagai sumber belajar utama satu-satunya, kurangnya pemahaman guru mengembangkan e-book berbasis multimedia, dan belum tersedianya  e-book berbasis multimedia untuk keperluan pembelajaran. Metode yang digunakan  untuk menyelesaikan persoalan mitra dilaksanakan dalam bentuk workshop dengan menggunaan metode simulasi dengan strategi  melalui ceramah, kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung dengan menggunakan program. Hasil pelaksanaan PKM menunjukkan bahwa a. guru memiliki bekal pengetahuan dan pemahaman mengembangkan e-book berbasis multimedia dengan kategori baik, b. hasil penilaian tes pemahaman konsep guru sangat baik, c) hasil penilaian proses menunjukkan bahwa aktivitas peserta sangat baik, dan d) hasil penilaian produk menunjukkan bahwa semua peserta mampu menghasilkan bahan ajar dengan kualifikasi cukup, dan respon peserta worshop terlihat dengan kehadiran perserta dan keaktifan peserta sangat baik. Berdasarkan hasil kegiatan ini disarankan hendaknya guru-guru peserta pelatihan dapat  membina guru lainnya untuk memperoleh pemahaman dan kemampuan mengembangkan e-book berbasis multimedia.

 

Kata kunci: e-book, multimedia, bimtek

Full Text:

PDF

References


Anang N. 2021. Pengembangan e-book dalam pembelajaran (Artikel Ilmiah). Banjarmasin: BKD Banjarmasin Kementerian Agama.

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Arya, Gde Putu Oka. 2017. Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Nur Hadi Waryonto, 2017. Pelatihan pembuatan buku elektronik interaktif (Jurnal PPM-MIPA hal 33-40.

Rahman, Abdul Saleh. 2013. Teori dan Praktek Tahap Demi Tahap Pengembangan Prpustakaan Digital. Bogor: Rumah Q-ta Production

Rusman, Dkk. 2015. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Undang-undang No. 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Pendidikan Nasional No. 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Winarno. 2009. Pengantar Multimedia dalam Pembelajaran, dalam Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran. Malang: Genius Prima Media.


Article Metrics

Abstract view : 143 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.