Penerapan Metode Bermain untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Sosial Siswa Kelas 1-3 SD Pertiwi Makassar

Nur Eka Pratiwi(1*), Nur Rahma(2), Nadia Nadia(3), Musfirah Azis(4), Andi Ummul Mu’minah K. Petta Lolo(5), Andi Halima(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kuliah Kerja Profesi (KKP) ini adalah SD Pertiwi Makassar. Adapun sasaran dalam KKP ini adalah siswa kelas 1-3 SD Pertiwi Makassar. Permasalahan mitra adalah: (1) beberapa siswa yang jenuh belajar hingga berujung malas untuk sekolah akibat sekolah daring selama beberapa tahun, (2) kurang konsentrasi ketika proses belajar mengajar, (3) kurang mengenal teman sekolahnya akibat sekolah daring, (4) serta belum mampu membaca dan atau berhitung. Sehingga, memerlukan metode bermain. Adapun hasil yang dicapai adalah: (1) siswa menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di sekolah (2) siswa sudah dapat lebih fokus dan berkonsentrasi selama pembelajaran (3) siswa dapat lebih mengenali teman-temannya, berinteraksi satu sama lain, dan membentuk ikatan pertemanan yang akrab, (4) Kemampuan membaca dan berhitung para siswa juga meningkat.

Kata kunci: Metode Bermain, Kemampuan Kognitif, Kemampuan Sosial

Full Text:

PDF

References


Amelia, Lina & Hetmidar. (2017). Pengaruh modifikasi permainan ular naga dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B2 di Paud Save The Kids Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, IV.

Anjani, D. A., & Nurjanah, S. (2014). Permainan puzzle mempengaruhi perkembangan kecerdasan visual-spatial anak usia 4-5 tahun di tk al-fath desa keboan anom gedangan sidoarjo. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 7(2), 186-192.

Ayuningtias, Melisa Indriyanti. (2015). Meningkatkan kecerdasan interpersonal anak melalui bermain ular Nnga pada kelompok B RA Cerdas Ceria Banyuanyar Banjarsari Surakarta Tahun 2014/2015. Skripsi.

Chambel, D, (1997). Mengembangkan kreativitas, Kanisius.

Chandra. (2008). Sentra Balok, (Materi Work Shop Guru PAUD, Pusat Progam Pembangunan anak Indonesia), Jakarta.

Fauziddin, Mohammad. (2015). Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Maulida, A., & Zulfitria. (2017). Pengembangan kecerdasan interpersonal anak autis melalui pemanfaatan media puzzle pada siswa kelas 2 sekolah dasar. Jurnal Ilmiah PGSD, 1(2), 120-130.

Mulyadi, Seto. (2004). Bermain dan kreativitas. Papas Sinar Sinanti.

Nursiti, Dwi. (2020). Psikologi asyik psikologi bermain bersama anak bangsa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Sari Mutiara Indonesia, 1(1), 122-128.

Rohmah, Naili. (2016). Bermain dan pemanfaatannya dalam perkembangan anak usia dini. Jurnal Tarbawi, 13(2).

Suminar, D. R. (2019). Psikologi bermain: Bermain & permainan bagi perkembangan anak. Airlangga University Press.

Tedjasaputra, M. S. (2001). Bermain, mainan, dan permainan. PT Grasindo

Zainal, Aqib. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.


Article Metrics

Abstract view : 173 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.