PKM Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Karst bagi Guru MGMP IPA se- Kabupaten Maros

Muhammad Arsyad(1*), Helmi Helmi(2), Arie Arma Arsyad(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Kegiatan PKM yang dilaksanakan bertujuan untuk ; 1) Merancang pembelajaran IPA Fisika Berbasis Karst, 2) Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada pembelajaran IPA Fisika berbasis Karst, 3) Menganalisis tanggapan Guru IPA Fisika dalam pelaksanaan Kegiatan PKM. Metode dalam pelaksanaan Kegiatan PKM yaitu, 1) Metode Eksperience Learning digunakan memberikan pengalaman langsung kepada Guru untuk mengamati, menanya, dan melakukan sendiri di lapangan, 2) Metode Pelatihan, digunakan untuk memberikan bimbingan/penjelasan tentang   kegiatan-kegiatan  yang akan dilakukan, 3) Metode Pemberian Tugas, digunakan untuk  memberikan tugas kepada guru untuk menyelesaikan  pekerjaan sesuai dengan topik/KD yang dibahas, 4) Metode Diskusi, digunakan untuk memecahkan  hal-hal  yang kurang  dipahami  peserta  sehubungan  dengan   pokok bahasan yang dibuat LKPD-nya, 5) Metode Problem Solving dengan pendekatan belajar tuntas, digunakan untuk  menyelesaikan tugas-tugas yang ada untuk dikerjakan di rumah. Hasil yang diperoleh dari kegitan ini yaitu; 1) Pembelajaran IPA Fisika berbasis karst dilakukan dengan dengan Metode pengamatan langsung di Taman Purbakala Leang-Leang Kawasan Karst Maros TN Bantimurung Bulusaraung yang meliputi: (1) batuan, (2) pelapukan, dan proses lainnya, dan (3) proses pertumbuhan tanaman dan lainnya. Pengembangan Pembelajaran IPA Fisika dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dapat dilakukan dengan menyiapkan format seperti yang diberikan pada Permen No. 22 tahun 2016, tentang Stándar Proses, yakni: 1) judul materi, 2) alat/bahan, 3) kegiatan, (mencoba), 4) analisis (menganalisis data), 5) diskusi (menalar), dan 5) kesimpulan (mengomunikasikan), 2)Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada pembelajaran IPA Fisika berbasis Karst dengan memberikan pertanyaan mendasar yang diperoleh dari proses pengamatan langsung di lapangan yang dimulai dengan pengamatan, menanya, mencoba, menalar dan mengomunikasikan sesuai dengan pendekatan saintifik dalam Kurikulum 2013 dan 3) hasil observasi dan wawancara dengan peserta PKM, diperoleh hasil berupa 96,88% peserta mengatakan, bahwa kegiatan berlangsung sesuai dengan harapan dan tujuan Guru mengikuti kegiatan PKM, 53,13% peserta mengatakan, bahwa Pembelajaran IPA Fisika berbasis karst dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) memerlukan waktu lebih lama jika dibandingkan dengan penyusunan perangkat pembelajaran yang selama ini Guru gunakan, 68,75% peserta mengatakan, bahwa mereka mampu untuk mendisain Pembelajaran IPA Fisika berbasis karst dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang bahannya disubtitusi dari lingkungan sekolah dan 93,75% peserta mengatakan, bahwa Pembelajaran IPA Fisika berbasis karst dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai sumber belajar memerlukan pelatihan dan keterampilan khusus.

Kata kunci: LKPD, Kawasan Karst

Full Text:

PDF

References


Anderson & Krathwohl., 2001. A Taxonomy for Learning Teaching, Teaching and Assessing: Addison Wesley

Arsyad, M., Helmi, dan Khaeruddin., 2019., PKM bagi Guru IPA Fisika se Kabupaten Maros., Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat., Vol. 2019 (2)., UNM Makassar.

Kaharuddin, Muhammad Arsyad, dan Helmi, 2018., Penguatan MGMP dalam membuat Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS)., Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat., p: 448-450., UNM Makassar

Kasali, R., 2017.; Distruption., Cetakan kedua., PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Prastowo, A. 2014. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Yogyakarta: Diva Press.

Putra, S. 2013. Desain Belajar Mengajar Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.

Rofiah, N. H. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis KIT untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dasar IPA di SD/MI. Al-Hidayah.

Semiawan, C, et al., 1985., Pendekatan Keterampilan Proses., Jakarta : Gramedia.

Sukarno, et al., 1981., Dasar-Dasar Pendidikan Sains., Jakarta : Bhratara Karya Aksara.

Suriasumantri, S. Jujun (Ed)., 1985., Ilmu dalam Perspektif., Cetakan keenam., Jakarta : Gramedia.

Sutikno, M. S. 2014. Metode dan Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Suwarto. 2010. Dimensi Pengetahuan dan Dimensi Proses Kognitif dalam Pendidikan. Widyatama, 19(1).


Article Metrics

Abstract view : 158 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.