PKM Peningkatan Kapasitas Guru dalam Mengintegrasikan Pembelajaran dengan Etnosains (Kearifan Lokal) di SMP Negeri 1 Pallangga

Ahmad Dahlan(1*), Abdul Harid(2), Agus Martawijaya(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Sekolah SMP Negeri 1 Pallangga dengan masalah yang ditemukan adalah (1) kurangnya pengetahuan guru-guru tentang peran kearifan lokal (etnosains) dalam pembelajaran, (2) tidak ada sumber informasi mengenai keterampilan yang dibutuhkan dalam menerapkan pembelajaran berbasis kearifan lokal. Berdasarkan masalah maka dilakukan persamaan persepsi kepada mitra dan pengabdi dalam hal defenisi kearifan lokal dalam pembelajaran. Metode penyelesaian masalah yang digunakan adalah pelatihan dalam bentuk ceramah dan demonstrasi namun karena keterbatasan kebijakan PPKM maka pelatihan dilaksanakan secara online melalui Aplikasi Zoom Meeting. Hasil yang dicapai (1) mitra memiliki pengetahuan pengetahuan tentang etnosains, dan (2) mitra mendapatkan informasi mengenai keterampilan-keterampailan yang bekaitan dengan penerapan etnosians di dalam pembelajaran IPA.

 

Kata kunci: Etnosains, Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Agung, Leo S. 2015. The Development of Local Wisdom-Based Social Science Learning Model with Bengawan Solo as the Learning Source. American Dalam International Journal of Social Science. Vol. 4 No. 4, hal 51-58

Atmaja, Hamdan Tri, dkk. 2017. Konstruksi Pembelajaran IPS Berbasis Kebangsaan (Studi Fenomenalogi pada Guru Pendidikan IPS) pada Seminar Tahunan Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial. Universitas Negeri Medan.

Chaipar W, et al. 2013. Local Wisdom in the Environmental Management of a Community: Analysis of Local Knowledge in Tha Pong Village, Thailand. Dalam Journal of Sustainable Development. Vol. 6 No. 2, hal 17-22

Mahardika, Alhafizh. 2017. Penanaman Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokasi di Sekolah. Dalam Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 7 No. 2, hal 16-27

Musanna, Al. 2012. Artikulasi pada Guru Berbasis Kearifan Lokal untuk Mempersiapkan Guru Yang Memiliki Kompetensi Budaya. Dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. XVIII No. III, hal 328-341

Wagiran. 2012. Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Buwana (Identifikasi Nilai- Indonesian Journal of History Education 6 (1), 2018: p.42-53 nilai Karakter Berbasis Budaya. Dalam Pendidikan Karakter. Tahun II No. III, hal 329-339

Wibowo, Agus dan Gunawan. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah (Konsep, Stretegi, dan Implementasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar Widja, I Gde. 1989. Sejarah Lokal Suatu Prespektif dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan


Article Metrics

Abstract view : 101 times | PDF view : 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.